Pemerintah Pusat Perhatikan Warga Tabalong

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Rabu, 22 Juni 2016 | 14:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 583


Tabalong, InfoPublik - Untuk meningkatkan produksi pangan khusus pada komoditas padi yang sudah menjadi bagian besar profesi bagi warga kabupaten berjuluk Bumi Saraba Kawa.Tidak beberapa lama ini, pemerintah pusat kembali memberikan bantuan kepada Dinas Tanaman Pangan Pertanian dan Holtikultura (Distanholtura) Kabupaten Tabalong yang nantinya akan disalurkan ke masyarakat petani.

Bantuan tersebut berupa berbagai alat pertanian (Alsintan) yaitu, 96 unit hand traktor, 2 unit traktor roda 4, 1 unit alat berat Backoloder 1, Mesin panen 6 unit sedang, 30 unit mesin penanam, power truser atau perontok padi 36 unit, pompa air 38 unit.

Kepala Distanholtura Kabupaten Tabalong H Johan Efendi mengatakan, dari semua Alsintan yang sengaja datang dan diparkir di halaman kantornya, sebagian sudah disalurkan ke petani untuk digunakan. Mereka yang menerimanya sebelumnya mengajukan permohonan. “Petani menerimanya karena sebelumnya mengajukan proposal,” ucapnya.

Dikatakan, bantuan tersebut setidaknya bisa mempermudah petani dalam menggarap lahan persawahannya, sehingga proses tanam akan lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu lama.

Seperti diketahui, selama ini pertanian di Tabalong masih terkesan dikelola seadanya, tanpa adanya penerapan teknologi yang bisa menghantarkan kepada percepatan proses tanam. Kalaupun ada, handtraktor untuk membajak tanah menjadi satu-satunya alat berteknologi yang dimanfaatkan.

Ditambah lagi, semua alat yang diberikan berbagai jenis fungsi. Mulai membajak tanah menjadi gembur, melakukan penanaman padi, sampai proses panen ada. Karena demikian lengkap, maka pastinya akan sangat membantu petani. Selain bisa mengejar waktu jadwal musim tanam tiba.

Dengan adanya Alsintan bantuan ini, Johan pun berharap akan memberikan efek positif terhadap kecintaan petani dan generasi selanjutnya kepada pertanian. “Semua alat berteknologi ini kami harap juga memunculkan ketertarikan generasi muda dan menumbuhkan peluang kerja di desa,” imbuhnya. (MC Tabalong/Irwin/Eyv)