GAPKI Riau Sosialisasi Desa Tanggap Api

:


Oleh Prov. Riau, Rabu, 15 Juni 2016 | 10:06 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 69


Pekabaru, InfoPublik  - Dalam menjalankan usaha pencegahan kebakaran lahan dan kebun, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Wilayah Riau mengadakan kegiatan sosialisasi pembentukan Desa Tanggap Api bagi seluruh perusahaan perkebunan yang ada di Riau, khususnya yang telah tergabung ke dalam GAPKI Riau. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, (13/6) di Hotel Grand Elit, Pekanbaru.

Hadir pada kegiatan tersebut adalah 70 peserta yang terdiri atas perwakilan perusahaan perkebunan yang membidangi pencegahan dan penanggulangan kebakaran.Plt. Ketua GAPKI Riau, Saut Sihombing saat ditemui usai acara menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah nyata para pengusaha perkebunan yang tergabung ke dalam GAPKI Riau untuk menjaga lingkungan hidup dari potensi kebakaran. Salah satu program yang sedang digalakkan oleh GAPKI Riau adalah pembentukan Desa Tanggap Api (DTA).

DTA ini akan terdiri atas desa-desa yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan."GAPKI Riau sekarang ini sedang menginisiasi pembentukan Desa Tanggap Api. Jadi perusahaan perkebunan akan melakukan pembinaan seluruh desa yang berada di wilayah sekitar perusahaan. Dengan adanya Desa Tanggap Api ini, diharapkan kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran semakin semakin meningkat,"ujar Saut.

Dia menjelaskan, selain dengan pembentukan DTA ini, Anggota GAPKI Riau juga mengadakan berbagai usaha pencegahan kebakaran lahan seperti pembentukan dan pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA), pelatihan karyawan perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hingga memastikan perusahaan memiliki alat kelengkapan pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang sesuai dengan standar perusahaan.

"Perusahaan perkebunan sangat serius dalam menyikapi persoalan ini. Setiap waktu kita selalu berkoordinasi tentang masalah kebakaran ini. Evaluasi dan perencanaan selalu kita lakukan dalam usaha pencegahan kebakaran ini,"lanjutnya.

Sementara itu, pada saat sosialisasi Desa Tanggap Api, GAPKI Riau menghadirkan dua pembicara yaitu bapak rivai dari PT. Asian Agri yang menyampaikan materi program Desa Tanggap Api oleh Asian Agri. Dan juga bapak Suparyo dari PT. Sari Lembah Subur (Astra Grup) yang menyampaikan materi strategi Antisipasi kebakaran lahan dan hutan.(MC Riau/mtr/eyv)