Pelabuhan Belawan Siap Implementasikan Inaportnet

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 14 Juni 2016 | 03:03 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 448


Jakarta, InfoPublik - Penandatanganan Pakta Integritas Penerapan Sistem Inaportnet khusus Pelabuhan Belawan telah dilakukan pada Senin (13/6), yang disaksikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono.

Ini merupakan tindak lanjut atas penerapan Inaportnet yang lebih dulu telah diluncurkan untuk Pelabuhan Makassar pada 17 Maret 2016 lalu.

Adapun penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan dan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan.

Pakta Integritas ini merupakan wujud dari kewajiban dan tanggung moral sebagai abdi negara yang telah disumpah dan bersedia menanggung segala konsekuensi dan sanksi serta dilepas dari jabatan sesuai peraturan perundang-undangan.

Tonny meminta kepada para pelaku penerapan sistem Inaportnet untuk mendalami dan menghayati serta menindaklanjuti sistem ini dengan usaha keras bersama. 

"Saya tegaskan kembali kepada para Direktur di Lingkungan Ditjen Perhubungan Laut beserta jajarannya bersama dengan Pusat Teknologi Informatika dan Komunikasi Perhubungan untuk berkomitmen dan bekerja keras mewujudkan pembangunan dan pengembangan aplikasi berbasis online, seperti Inaportnet, SIMLALA, SIM Kapal, dan SIM Kepelabuhanan yang handal dan terintegrasi dengan baik," ujar Tonny Budiono.

Menurut Tonny, dengan penandatanganan Pakta Integritas Penerapan Inaportnet di Pelabuhan Belawan ini menunjukkan kesungguhan dan komitmen seluruh jajaran Ditjen Hubla dan pemangku kepentingan di Pelabuhan Belawan dalam mewujudkan Penerapan Inaportnet di Pelabuhan Belawan pada 1 Juli 2016.

"Setelah ini nantinya akan dilaksanakan pelatihan kepada para stakeholders seperti agen pelayaran, perusahaan bongkar muat dan jasa pengurusan transportasi selama tiga hari yang direncanakan berlangsung pada minggu ketiga bulan Juni di Pelabuhan Belawan," katanya.

Berikut adalah isi dari Pakta Integritas tersebut:

1. Akan melaksanakan secara konsisten implementasi aplikasi Inaportnet di wilayah kerja secara baik

2. Melakukan sosialisasi terkait dengan implementasi Inaportnet

3. Memastikan bisnis proses  Inaportnet berjalan sesuai prosedur

4. Memantau skema help desk yang sedang berjalan

5. Melakukan survei sebagai alat untuk mengukur efektivitas implementasi Inaportnet

6. Mengumpulkan issue terkait Inaportnet di daerah untuk dilaporkan ke pusat dan memfasilitasi pemecahan solusi

7. Menjembatani change management pusat dengan user di daerah