Permintaan Daging Naik Dua Kali Lipat

:


Oleh Masfardi, Kamis, 9 Juni 2016 | 12:30 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 380


Jakarta, InfoPublik - Permintaan daging saat ini menjadi sangat tinggi dan harga pun cenderung bertahan dikisaran Rp120 ribu per kg. Sementara pemerintah telah menggelontorkan bantuan melalui operasi pasar.

“Harga sangat dipengaruhi oleh tingginya permintaan sejak menghadapi puasa yang hampir naik dua kali lipat dari biasanya,” kata wakil ketua Komisi IV DPR Herman Khairun di Jakarta, Kamis (9/6).

Permintaan saat ini kata dia bisa saja mencapai 100 sampai 120 ribu ton, sedangkan hari biasa hanya 50 ribu ton sebulan. Situasi ini menurutnya rata di seluruh Tanah Air, sehingga praktis pelaku usaha dalam negeri memanfaatkan situasi ini.

Tantangan pemerintah menurut Herman Khairun adalah berusaha memenuhi permintaan yang meningkat tersebut.

Herman menegaskan tantangan ini akan mampu dilewati secara baik, apalagi saat ini Undang-undang Pangan telah ada. Negara kata dia, harus mampu mengendalikan masalah kebutuhan pangan masyarakat, sebagai wujud dari hak asazi manusia.

Kalau mau efektif menurutnya negara paling tidak menguasai 20 persen dari jumlah kebutuhan masyarakatnya, itulah amanat Undang-undang Pangan yang mengamanatkan harus dibentuk sebuah Badan Pangan Nasional yang mampu menguasai kebutuhan pangan nasional yang langsung di bawah kendali presiden.