Gelombang Pasang Terjang Pesisir Pantai Pacitan

:


Oleh MC Kabupaten Pacitan, Rabu, 8 Juni 2016 | 14:09 WIB - Redaktur: Tobari - 21K


Pacitan, InfoPublik - Gelombang pasang melanda pantai selatan wilayah Kabupaten Pacitan, Rabu (8/6). Air laut yang mengalami pasang ditambah dengan hembusan angin yang kuat, menyebabkan gelombang air di pantai menjadi cukup tinggi.

Bahkan di Pantai Ngiroboyo Kecamatan Donorojo, yang berada di wilayah barat Kabupaten Pacitan, sejumlah vegetasi pantai, seperti cemara laut mengalami kerusakan akibat diterjang gelombang pasang.

“Informasi dari petugas Pantai Taman, Hadiwarno, Ngadirojo, ombak menerjang tembok pengaman kolam renang di wilayah pantai,” kata Ratna Budiono, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Rabu (8/6).

Sementara, di kawasan teluk Pacitan yang terdapat Pantai Teleng Ria, Pelabuhan Tamperan dan Pancer Door, gelombang pasang juga terjadi. Di pantai Pancer Door misalnya, akibat laut pasang, air gelombang meluap sampai di hutan pantai.

Di wilayah timur, informasi yang dihimpun, gelombang pasang juga terjadi di kawasan Teluk Bawur, kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro. Hempasan ombak yang besar menimbulkan semacam dinding air saat gelombang menghantam pemecah ombak pantai.

Di kawasan pantai selatan, fenomena gelombang tinggi sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Karena itu, banyak nelayan dengan perahu kecil  memilih untuk tidak melaut dalam kondisi gelombang laut seperti sekarang.

Ketinggian gelombang di kawasan perairan pantai bisa mencapai 3,5 meter. Dengan gelombang setinggi itu, maka bangunan atau pohon yang berada tidak jauh dari bibir pantai bisa terjangkau gelombang.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Yunus S. Swarinoto dalam keterangannya, Selasa (7/6), mengatakan bahwa kawasan pantai selatan terjadi karena fenomena astronomi ini menyebabkan gelombang pasang hingga lima hari ke depan.

“Juga diperkuat dengan penjalaran swell (alun) yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di barat daya Australia,” katanya.

BMKG pun mengimbau masyarakat waspada dan siaga terhadap kondisi gelombang laut yang tinggi di beberapa wilayah Indonesia, terutama masyarakat pesisir pantai barat Sumatera dan selatan Jawa untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gelombang pasang.

“Diimbau untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang secara singkat dan hujan intensitas tinggi disertai angin dan petir, waspada gelombang tinggi di perairan pantai selatan Pacitan,” demikian bunyi informasi dari Pusat data dan informasi BPBD Pacitan. (RAPP/toeb)