BPS Jamin Kerahasiaan Pelaku Usaha

:


Oleh MC Kabupaten Sinjai, Selasa, 7 Juni 2016 | 10:46 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 386


Sinjai,InfoPublik -  Sensus Ekonomi yang pelaksanaanya dimulai sejak Tanggal 1 Mei 2016, ditargetkan harus selesai pada akhir bulan mei ini. Sebanyak 165 orang petugas sensus telah diterjunkan untuk melakukan pendataan.

Masyarakat yang terpilih ini sebelummnya melalui proses seleksi yang cukup ketat oleh tim penguji BPS dan telah di bekali dengan Diklat dalam melakukan sensus Ekonomi.

Kepala BPS Sinjai DR. Patahillah Asba ketika menyampaikan sambutannya dalam rapat evaluasi dan pertemuan berkala tahap III Sensus Ekonomi, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis, (26/5) mengatakan bahwa saat ini untuk proses pelaksanaan pengolahan data SE telah mencapai 98% dari target yang ditetapkan.

Dalam pelaksanaan yang telah berlangsung selama 26 hari ini, kendala yang dihadapi yakni adanya image yang berkembang dimasyarakat bahwa Sensus Ekonomi berhubungan erat dengan pendataan Pajak sehingga dilapangan ada beberapa pengusaha yang tidak memberikan data yang sebenarnya kepada para petugas Sensus.

"Kami meminta masyarakat ikut mensukseskan program Sensus Ekonomi yang sebentar lagi akan usai, pelaksanaan SE yang bertujuan semata mata merupakan kebutuhan Data bagi pemerintah dalam rangka pemetaan Usaha dan tidak ada maksud maksud lainnya," Jelas DR. Patahillah.

Menurut Mantan Kepala BPS Enrekang ini, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kerahasiaan data mereka, karena Sensus yang dilaksanakan ini telah di atur oleh pemerintah dengan aturan yang jelas.

"Kerahasian data pengusaha kita jamin tidak akan bocor karena ini diatur dalam UU No 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang menjamin kepastian Hukum bagi penyelenggara dan penguna Statistik baik pemerintah maupun masyarakat," ucapnya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh BPS Sinjai hingga saat ini, jumlah masyarakat Sinjai yang memiliki usaha, baik usaha kecil hingga usaha besar telah mencapai kisaran 25-28 ribu jenis usaha dengan kategori usaha paling dominan adalah kegiatan perdagangan yang mencapai presentase 62 persen.

Rapat evaluasi ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai, Andi Fajar Yanwar, Ketua DPRD Sinjai, Abdul Haris Umar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) Sinjai, serta beberapa Kepala SKPD Lingkup Pemkab Sinjai.(MC.Sinjai/AaNd/Idha/Eyv)