Walikota: Pematangsiantar Miniatur Indonesia Yang Multikultural

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Kamis, 19 Mei 2016 | 14:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 681


Pematangsiantar, InfoPublik  - Ribuan umat Muslim di Kota Pematangsiantar, yang didominasi kaum pelahar antusias mengikuti pawai ta’aruf dalam rangka pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke 48 tingkat Kota Pematangsiantar tahun 2016, Rabu Siang (18/5) dari depan Balai Kota Jalan Merdeka.

Pelepasan ini dilakukan Penjabat Walikota, Drs.Jumsadi Damanik,SH,M.Hum didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ketua LPTQ Kota Pematangsiantar H.Ahmad Ridwan Syah Putra, Kepala Kantor Kementrian  Agama Drs.H.Abdul Rahman Harahap, Ketua MUI Drs.H.M.Ali Lubis, dan para Pimpinan SKPD.

Walikota dalam sambutannya mengaku bangga, meskipun matahari cukup terik, namun tidak menyurutkan semangat peserta menyukseskan MTQN. Apalagi tingkat partisipasi masyarakat juga sangat tinggi.

Pawai ta’aruf ini dilaksanakan sebagai wadah untuk memperkenalkan delapan kontingen  dari seluruh kecamatan yang akan mengikuti kegiatan perlombaan MTQN kepada masyarakat. “Untuk itu saya berterimakasih dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan MTQN ke 48 tahun 2016 ini,”katanya.

Ditambahkannya, Kota Pematangsiantar merupakan miniatur Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan etnis, agama, adat serta budaya, tetapi dapat hidup harmonis secara berdampingan. Karenanya, kebersamaan  ini hendaknya terus dipertahankan dengan semangat persatuan dan kesatuan, sehingga program pembangunan yang dilaksanakan Pemko Pematangsiantar dapat berjalan baik.

Pelaksanaan MTQN ke 48 tahun ini juga diharapkan menjadi momentum strategis mempererat ukhuwah islamiah serta memacu semangat untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an.

Asisten II Drs.H.M Akhir Harahap selaku Ketua Panitia didampingi Kepala Bagian Admistrasi Kesejahteraan Rakya Drs.SA Amsah selaku Sekretaris menerangkan bahwa pelepasan pawai ta’aruf tersebut selain memperkenalkan kontingen MTQ yang dipimpin para Camat, pawai ta’aruf juga dimeriahkan drum band dari para pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

Peserta pawai ta’aruf diawali dengan pembawa bendera merah putih sebanyak 48 bendera, yang diikuti para pengurus LPTQ pengurus PHBI, PHBI dari sekolah-sekolah, serta para pelajar dari SMA.N.1, SMA.N.2, SMA.N.3, SMA.N.4, MAN, Sekolah Muhamadyah, YPHI, Al-Wasliyah, MTSN, Taman Siswa dan sekolah lainnya. (Humas Pemko Pematangsiantar/Eyv).