Banjir Bandang Sigi, 1 Tewas dan 9 Rumah Hanyut

:


Oleh H. A. Azwar, Rabu, 18 Mei 2016 | 09:41 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 653


Jakarta, InfoPublik - Hujan deras yang berlangsung cukup lama telah menimbulkan banjir bandang di Desa Sintuwu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (17/5), pukul 15.30 WITA.

Data sementara berdasarkan laporan BPBD Sulawesi Tengah ada 1 korban jiwa meninggal dunia atas nama Dimas (10 tahun) dan 9 rumah rusak berat karena hanyut, dan puluhan hektar lahan pertanian rusak. Sebanyak 9 KK mengungsi di rumah warga terdekat, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (17/5).

Menurut Sutopo, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah telah memberikan bantuan berupa logistik, dapur umum, makanan siap saji, terpal dan sebagainya. BPBD bersama unsur lain seperti TNI, Polri, Basarnas, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat membersihkan badan jalan agar tidak terputus. “Pendataan masih dilakukan,” ujarnya.

Kepada masyarakat, Sutopo mengimbau untuk selalu waspada terkait cuaca ekstrem yang memicu banjir bandang. Meluruhnya El Nino telah menyebabkan curah hujan selama bulan Mei cenderung lebih besar dibandingkan normalnya.

Akibatnya banjir, longsor dan puting beliung banyak terjadi di wilayah Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengat tahun sebelumnya, banjir dan longsor lebih besar dari pada pola normalnya.