DKP Agam Sediakan Rumah Kemasan Untuk Para Pengrajin

:


Oleh user agam, Rabu, 11 Mei 2016 | 13:18 WIB - Redaktur: Kusnadi - 478


Agam, InfoPublik –  Perajin di Kabupaten Agam beruntung dengan adanya rumah kemasan yang disediakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam. Karena di sana, perajin dibantu mendesain kemasan produk mereka.

Menurut Kepala DKP Agam, Ermanto, S.PI, M.Si, Selasa (10/5), rumah kemasan tersebut dibangun memang untuk memudahkan perajin mendesain dan mencetak kemasan produk mereka.

“Mungkin mereka tidak mampu mendesain kemasan yang cantik dan menarik, maka kami sediakan desainer untuk keperluan tersebut. Kami juga membantu mencetak kemasan dengan harga murah. Karena kami memang bertujuan untuk membantu mereka,” ujarnya.

Perajin yang dilayani bukan saja perajin makanan olahan dari ikan, tetapi semua perajin yang ada di daerah itu. ia menyayangkan, perajin makanan olahan dari ikan di Kecamatan Tanjung Raya, lebih suka mengemas produk mereka dalam kemasan plastik polos.

“Hanya 3 unit koperasi yang sudah mengemas produk makanan olahan dari ikan. Ketiga koperasi tersebut sudah memasarkan produk mereka ke luar daerah, di antaranya ke Kota Padang,” ujarnya pula.

Koperasi tersebut memproduksi beragam makanan olahan dari ikan. Namun yang sudah dipasarkan ke daerah lain adalah kemplang, kripik rinuak, dan rendang rinuak.

Dikatakan, perajin dari Agam belahan timur memang lebih memahami arti penting kemasan cantik menarik untuk produk mereka. Karena produk makanan yang dipasarkan dalam kemasan cantik menarik, akan lebih diminati konsumen. Karena kemasan berlabel lebih dipercaya, baik kualitas maupun kebersihannya.

“Label pada kemasan merupakan jaminan kualitas. Di samping itu, produk berlabel lebih bergengsi, ketimbang makanan yang dikemas dalam kantong plastik polos,” ujarnya lagi.

Walau kini masih banyak perajin makanan olahan dari ikan di Kecamatan Tanjung enggan menggunakan kemasan berlabel, Ermanto tetap berupaya mengajak mereka agar mau mengemas produk mereka dalam kemasan cantik menarik. Karena kemasan cantik merupakan daya tarik sebuah produk.(Mc Kab. Agam/Kus)