Nias Selatan, InfoPublik -  Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 mei 2016, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melaksanakan upacara di Lapangan Orurusa Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan, Senin, (02/05).

Hari Pendidikan Nasional adalah hari lahirnya Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara yang berperan penting dalam menunjang dunia pendidikan Indonesia. Dampak pendidikan itu sendiri telah dirasakan dalam dunia masyarakat Indonesia dimana masyarakat dihadapkan dengan persaingan global.

Presiden Indonesia Joko widodo menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global. Mewujudkan cita-cita Presiden Indonesia tersebut, masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Nias Selatan diharapkan memiliki kualitas tinggi yang mencakup pada kemampuan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial, dan literasi budaya.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan yang dibacakan oleh Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, menyampaikan bahwa abad ke 21 menuntut anak-anak Indonsia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur.

Untuk itu, setiap guru berperan untuk mengembangkan kompetensi kemampuan kreatifitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi.

Dengan mengangkat tema Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita, Menteri Pendidikan dan Budaya RI mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap sesaudara yang belum merasakan kesempatan itu, agar pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, menyampaikan, momen peringatan Hari Pendidikan Nasional ini adalah momentum yang tepat untuk memacu pendidikan di Kabupaten Nias Selatan agar lebih kompetitif. Pemkab Nisel akan terus mengawal guru di Nisel untuk meningkatkan sumber daya manusianya melalui pelatihan dan bimbingan teknis yang terencana demi mewujudkan tema Nyalakan Pelita Terangkan Cita-cita  serta harapan  Presiden Indonesia Joko widodo di dunia pendidikan Indonesia.

Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita menyampaikan, Pemkab Nisel sebelumnya telah meletakkan dasar pembangunan pendidikan di Kabupaten Nias Selatan dan berharap agar Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Sozanolo Ndruru mampu meningkatkan mutu pendidikan di Nias Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Nisel menyampaikan bahwa pengembangan mutu pendidikan di Nias Selatan harus diawali oleh pengembangan kemampuan guru itu sendiri, karena gurulah yang secara langsung menempah anak bangsa untuk berkarya dan berkreasi di Republik Indonesia.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut berlangsung dengan hikmah yang diikuti oleh seluruh peserta didik, Tenaga Pendidik, Aparatur Sipil Negara, dan kesatuan TNI-Polridi Kabupaten Nias Selatan. (mc nisel/008/eyv)