Sekda Kab.Cianjur Buka Sosialisasi Penyusunan SOP

:


Oleh MC Kabupaten Cianjur, Selasa, 26 April 2016 | 11:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 810


Cianjur, InfoPublik - Bupati Cianjur, Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM., yang diwakili Sekretaris Daerah Cianjur H. Oting Zaenal Mutaqin. SH, MM, membuka Sosialisasi Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur Senin, (25/04) di Aula Delaga Biru Kec.Pacet.

Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Kabag dan para pegawai Bagian Organisasi Setda Kab.Cianjur serta tamu undangan lainnya.

Bupati Cianjur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Cianjur menyampaikan, tujuan kebijakan reformasi birokrasi adalah untuk membangun profil dan perilaku aparatur negara yang memiliki integritas, produktivitas dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan memberikan pelayanan yang prima melalui perubahan pola pikir dan budaya kerja dalam sistem manajemen pemerintahan.

Selanjutnya bupati mengatakan, untuk mewujudkan birokrasi yang efektif, efisien, ekonomis dan produktif. yaitu memperbaiki proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, dengan cara menerapkan standard operating procedure (SOP), sehingga diharapkan penyelenggaraan administrsi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti, penyimpangan dapat dihindari dan bahkan dapat ditemukan penyebab apabila terjadi penyimpangan, yang pada akhirnya pelayanan publik akan menjadi lebih baik lagi.

Standar operasional prosedur (SOP) adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu, tempat penyelenggaraan dan siapa yang harus berperan dalam kegiatan.

"SOP ini nantinya akan ditetapkan sebagai regulasi untuk dijadikan pedoman oleh seluruh aparatur pemerintah dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan”,"tegasnya.

Terakhir, ia berharap sosialiasi ini dapat memberi pemahaman kepada peserta, dalam rangka menciptakan birokrasi yang lebih efektif, efisien dan produktif guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tata kelola pemerintahan yang baik serta mengoptimalkan pelaksanaan otonomi daerah.

Pada kesempatan yang sama, Panitia Sosialisasi Penyusunan SOP Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur Henry Ferdian M, S.STP, M. AP,. melaporkan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dalam penyususnan SOP di setiap OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Sosialisasi di hadiri peserta senbanyak 80 orang yang berasal dari OPD pemkab cianjur, yang akan dilaksanakan dari tanggal 25 sampai dengan 26 april 2016. (baf/arp/Tim Mc Kab.Cianjur/eyv)