Bone Bolango Raih Juara III Nasional Program Pengendalian Inflasi

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 25 April 2016 | 17:41 WIB - Redaktur: Tobari - 509


Bone Bolango, InfoPublik – Kabupaten Bone Bolango meraih juara III Nasional dan mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia (BI) dalam acara Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia tahun 2016, yang diberikan langsung oleh Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo di Jakarta, Senin (25/4).

“Bone Bolango meraih juara III dan mendapatkan penghargaan dari BI karena dinilai sukses dalam mengembangkan klaster yang mendukung program pengendalian inflasi, khusus untuk sub sektor peternakan/perikanan,”kata Sekda Bone Bolango Ir.H.Ishak Ntoma, M.Si saat menghadiri acara Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia di Jakarta tersebut. 

Ishak Ntoma mengatakan pada kesempatan itu, BI memberikan penghargaan kepada 13 klaster terbaik yang dinilai mendukung program pengendalian inflasi.

Untuk sub sektor peternakan/perikanan, pemenangnya masing-masing juara I klaster Perikanan Tangkap (binaan KPw BI Provinsi Kepulauan Riau), juara II klaster Sapi Pedaging (binaan KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan).

Sementara juara III klaster Sapi Pedaging (binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Gorontalo), yakni Kelompok Tekad Makmur Desa Dunggala Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo yang diketuai Abd. Rajak Umar.

Sekda menambahkan sebagaimana penyampaian Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo saat membuka acara Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi BI, bahwa pemberian penghargaan tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi untuk mendorong replikasi program pengembangan komoditas penyumbang inflasi dengan pendekatan klaster.

Klaster adalah salah satu pendekatan komprehensif dari hulu ke hilir dengan mengelompokkan kegiatan yang saling berhubungan, baik industri pendukung, jasa penunjang, infrastruktur ekonomi, penelitian, pelatihan, dan hal terkait lainnya.

“Dengan pendekatan ini diharapkan akan memperoleh manfaat sinergi dan efisiensi yang tinggi dibandingkan jika bekerja sendiri," tambah Sekda Ishak Ntoma mengutip sambutan Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo.

Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi BI ini bertujuan untuk mendorong, menginspirasi dan mempercepat replikasi program pengembangan komoditas penyumbang inflasi dengan pendekatan klaster.

Apresiasi diberikan kepada klaster binaan BI dan pemerintah daerah dengan lima kategori. Kriteria penilaian, antara lain modal sosial yang kuat, kelembagaan, kepemimpinan dan visi, kemitraan, pmberdayaan ekonomi daerah atau masyarakat, akses pasar, infrastruktur yang mendukung, inovasi, kompetensi dan keahlian, ramah lingkungan dan dukungan pemangku kepentingan,” katanya.

Terakhir Sekda Ishak Ntoma mengatakan penghargaan yang diraih ini selain merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari Ketua Kelompok Tekad Makmur Abd. Rajak Umar.

Tentu juga karena adanya dinas dan penyuluh yang berkolaborasi, termasuk berkat binaan dari Kantor Perwakilan BI Provinsi Gorontalo.

”Prestasi dan penghargaan ini, benar-benar membuat kita bangga, tetapi menjadi tantangan kedepan bagaimana agar prestasi ini dipertahankan bahkan bila perlu ditingkatkan. Untuk itu, mari kita bersatu membangun Bone Bolango bersama bapak Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone,”ucapnya. (Hms/Kadir/toeb)