Menaker: Sosok Kartini Saat Ini Adalah Sholehah, Mandiri dan Kreatif

:


Oleh H. A. Azwar, Kamis, 21 April 2016 | 20:05 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 703


Jakarta, InfoPublik - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menyampaikan pandangannya mengenai gambaran perempuan-perempuan hebat yang memiliki peranan penting bagi bangsa Indonesia dan mewakili sosok Kartini di masa sekarang ini.

"Kriteria perempuan-perempuan hebat yang bisa mewakili sosok Kartini saat ini adalah yang sholehah, mandiri dan kreatif," kata Menaker saat diminta tanggapannya mengenai Peringatan Hari Kartini tahun 2016 di Jakarta, Kamis (21/4).

Menurut Menaker, setiap orang memiliki berbagai pandangan dan kriteria masing-masing mengenai sosok perempuan hebat. Namun baginya tiga kriteria utama tadi telah mencerminkan sosok perempuan Indonesia yang cukup baik dan sempurna.

"Bagi saya, tiga kriteria itu mewakili soal karakter, kompetensi/daya saing, dan juga soal kreativitas. Kebetulan, karena saya Menaker maka tiga  kriteria  itu sekaligus mewakili daya saing dari tenaga kerja kita," ujar Menaker.

Lebih lanjut, ia mengatakan kondisi dan pergerakan kaum perempuan di Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan yang luar biasa dan patut mendapatkan apresiasi tinggi.

"Dulu perempuan kan memiliki peranan yang terbatas di sektor domestik, tapi sekarang sudah banyak yang bergerak keluar. Mereka sudah bisa menikmati hak yang kurang lebih sama dengan laki-laki. Saya rasa itu kemajuan dari pergerakan perempuan dan juga komitmen dari semua pihak untuk memajukan peran dari perempuan di Indonesia," katanya.

Tak hanya itu, Menaker pun memberikan kesan dan pesan bagi seluruh perempuan Indonesia. Ia berpesan agar bisa bersama-sama memastikan anak-anak bangsa menjadi anak-anak yang baik dan hebat di masa depan.

"Kaum perempuan merupakan tiang dari negara ini. Kalau perempuannya hebat, maka saya percaya bahwa anak-anak bangsa ke depan, generasi kita… pemimpin-pemimpin Indonesia di masa yang akan datang juga akan menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat. Dan semua itu basisnya hanya satu, kaum perempuan," pungkasnya seraya mengucapkan Selamat Hari Kartini 2016.