Pj Walikota Ajak Menciptakan Kartini-Kartini Baru

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Kamis, 21 April 2016 | 18:19 WIB - Redaktur: Tobari - 562


Pematangsiantar, InfoPublik – Penjabat Walikota Pematangsiantar Drs. Jumsadi Damanik, SH,M.Hum mengemukakan, dengan dilandasi semangat perjuangan dan pengorbanan Kartini, selayaknya kaum perempuan Indonesia, khususnya Kota Pematangsiantar dapat meresapi, menghayati, dan melanjutkan cita-cita luhurnya.

Di masa lalu, dengan segala keterbatasan bangsa Indonesia yang masih terjajah, Kartini berupaya mengangkat derajat kaum perempuan agar punya kedudukan yang sama dengan kaum pria.   

Karena itu, melalui peringatan Hari Kartini ke-137 ini, ia mengajak untuk merapatkan barisan dan membulatkan tekad untuk mewujudkan cita-cita dan harapan Kartini, dengan memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh dan kompak.

“Dengan demikian akan lahir Kartini-kartini baru Indonesia yang lebih mandiri serta berwawasan nasional sekaligus mampu menjadi kader penerus perjuangan bangsa dimasa mendatang,” katanya. 

Demikian dikatakan Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs. Jumsadi Damanik, SH,M.Hum, pada peringatan Hari Kartini ke-137 Kota Pematangsiantar di Gedung Dharma Wanita Persatuan Jalan Porsea, Kamis (21/4). Kegiatan yang dihadiri mayoritas kaum perempuan ini diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pematangsiantar. 

Menjelang tahun emas Indonesia Tahun 2045 mendatang,  kaum ibu sangat berperan penting untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Peran kaum ibu juga sangat berpengaruh dalam mencegah anak menggunakan narkoba.

“Karena hanya ibu yang bisa  mengerti dan mengawasi setiap apa yang dilakukan si anak setiap harinya,”katanya.

Pada kesempatan yang sama, Penasehat GOW Ny. Khotijah Jumsadi Damanik mengajak kaum perempuan untuk menghayati multi perannya, baik sebagai ibu dari anak, istri pedamping suami, dan sebagai anggota masyarakat.

“Kaum ibu hendaknya dapat berperan aktif dalam mengangkat sumber daya yang kita miliki agar dapat meningkatkan kualitas hidup yang bermanfat bagi kita, keluarga, masyarakat dan negara pada umumnya,“ katanya.

Tema Hari Kartini tahun ini yakni “Semangat dan cita cita Kartini menjadi komitmen kita bersama untuk meningkatkan kualitas keluarga, melalui generasi sehat, ekonomi kuat dan perempuan bermartabat”.

Tema ini, dinilainya, sangat relevan dalam menghadapi tantangan dan permasalahan dalam era globalisasi dan era komunikasi yang serba canggih dan kompleks.

Dalam perayaan tersebut tampak hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Pematangsiantar Ny. Selfi Diana Donver Panggabean, Bhayangkari Polres Pematangsiantar, para ibu-ibu anggota organiasi wanita lainnya,

Para ibu-ibu anggota Tim Penggerak PKK, Pengurus maupun anggota GOW. Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan acara lomba busana yang diikuti seluruh perwakilan organisasi kaum perempuan yang tergabung dalam GOW.   (Humas Pemko Pematangsiantar/toeb).