SDM Berkualitas, Minat Baca Harus Ditingkatkan Di Bintan

:


Oleh MC Kabupaten Bintan, Rabu, 20 April 2016 | 13:39 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 477


Bintan, InfoPublik - Wakil Bupati Bintan, Drs. H. Dalmasri Syam, MM menghadiri acara Pelatihan Pengelola Perpustakaan Kita Tingkatkan Kualitas Tenaga Perpustakaan Sekolah Dasar Se Kabupaten Bintan, Rabu, (20/4) di Hotel Hermest, Kecamatan Toapaya.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan, Dahlia Zulfa, menyatakan dalam laporannya bahwa adapun maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah dari beberapa kunjungan ke Perpustakaan SD yang pada tahun 2015 lalu

"Ada tujuh kriteria dalam pengelolaan perpustakaan yang harus diberikan didalam pelatihan agar lebih maksimal, seperti membuat kode buku, tata letak buku dan memancing minat baca masyarakat dan pelajar serta lainnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, pembinaan ini sangatlah penting diadakan bagi para perpustakaan demi peningkatan kwalitas. Adapun peserta, Dahlia Zulfa mengungkapkan ada sebanyak 60 peserta terdiri dari Guru dan Pengelola perpustakaan serta dengan narasumber dari Badan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. "Ada 60 peserta dari mulai guru dan petugas perpustakaan juga,"urainya.

Dalam sambutannya, Drs. H. Dalmasri Syam, MM menegaskan bahwa membaca adalah salah satu yang sangat penting harus dilakukan, karena membaca tidak akan pernah selesai sampai tutup usia. "Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan ke depan harus diberi peran yang lebih luas lagi, selain menyediakan fasilitas membaca juga harus dapat mengajak dan menumbuhkan minat membaca pada masyarkat serta pelajar," ujar Drs. H. Dalmasri Syam, MM.

Mengenai perpustakaan ini menjadi salah satu yang harus diperhatikan dengan serius, mengingat hanya ada di sekolah dan lembaga pendidikan saja ada perpustakaanya. Kedepan akan lebih ditingkatkan dan dikembangkan hingga ke Desa serta Kelurahan di Bintan ini.

"Insyallah, ini akan menjadi perhatian yang serius Pemerintah Daerah, megingat demi menjadikan SDM yang kuat dan berkualitas di Bintan ini," ujar Drs. H. Dalmasri Syam, MM. Dalam acara ini juga turut hadir, Ketua DPRD Bintan beserta jajaran, Badan Perpus nasional RI , Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi, Kepala SKPD, Kepala Sekolah serta para Guru dan pengelola Perpustakaan se Bintan.(MC.Kab.Bintan/Eyv)