Kembangkan Produk Kerajinan Melalui Dekranasda

:


Oleh MC Kalsel, Selasa, 19 April 2016 | 06:03 WIB - Redaktur: Tobari - 357


Banjarmasin, InfoPublik - Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Pengukuhan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) tujuh Kabupaten/Kota di Kalsel, dalam suatu acara di Graha Abdi Persada, Banjarmasin, Jum'at (15/4).

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam sambutan yang disampaikan Sekda Kalsel M. Arsyadi menjelaskan, bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kreatifitas bangsa itu dalam mengolah potensi sumber daya yang dimiliki, serta mampu memanfaatkan kesempatan yang tersedia.

Salah satu bentuk kreatifitas dalam mengolah warisan budaya adalah kerajinan. "Dalam sejarah bangsa kita, produk seni kerajinan selain menampilkan corak budaya yang khas, juga telah berperan nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara luas," kata Sahbirin.

Terutama pada era globalisasi sekarang ini, era yang penuh dengan tantangan dan persaingan, Dekranasda perlu memainkan perannya untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi yang dibutuhkan untuk dapat bertahan, mengikuti dan bersaing.

Menurut Gubernur Sahbirin, hal lain yang perlu diperhatikan Dekranasda adalah soal promosi. "Di zaman yang semakin canggih, kita dapat melakukan promosi lewat media sosial atau blog pribadi," katanya.

Bahkan Sahbirin menyarankan Dekranasda melakukan promosi yang menarik dengan menggunakan bahasa asing atau bilingual. "Sehingga memiliki daya tarik yang lebih luas, serta yang terpenting, kita sebagai masyarakat mau membeli dan bangga dengan produk lokal," katanya. (Dha/toeb)