Kilang Minyak Pertamina di Tuban Beroperasi Tahun 2021

:


Oleh R.M. Goenawan, Selasa, 12 April 2016 | 10:42 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 2K


Jakarta,InfoPublik - PT Pertamina menargetkan tahun 2021, kilang minyak di Tuban, Jawa Timur,  mulai beroperasi dengan kapasitas produksi 300.000 barel per hari.

Produk yang dihasilkan bukan hanya minyak dan gas, tapi juga chemical industry. “Pada tahun ini Pertamina menyelesaikan segala sesuatunya, baik partnership-nya maupun desain. Sudah mulai ada investasi pendahaluan yang diperlukan untuk persiapan. Seterusnya proyek akan mulai berjalan, dan ditargetkan tahun 2021 akan selesai dan beroperasi,” ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, Selasa (12/4).

Menurut Dwi Soetjipto, rencana pembangunan Kilang di Tuban, dibangun di atas lahan seluas 404 hektare dan memerlukan total investasi US$ 10M atau Rp 120 triliun lebih dalam bentuk join venture dengan investor asing. Sekarang sudah tahap proses akhir seleksi. Produk yang dihasilkan nantinya 300.000 barel per hari, bukan hanya minyak dan gas, tapi juga chemical industry.

Dwi mengatakan, saat ini dari beberapa kilang yang ada di Indonesia total kapasitas 880.000 barel per hari. Kalau Tuban jadi untuk gasolin bertambah 300.000 barel, jadi total 1,2 juta barel per hari. Sedangkan kebutuhan Indoesia 1,5 – 1,6 juta barel per hari. Tahun 2025 ditargetkan Indonesia sudah bisa memenuhi kebutuhan sendiri.

Pembangunan kilang minyak dan gas merupakan prioritas, tapi karena Tuban merupakan bagian dari pengembangan industri, maka dengan dibangunnya kilang di Tuban diharapkan PT Pertamina bisa membantu mendorong daerah sekitar kilang nantinya menjadi kawasan industri. “Lebih bermanfaat lingkungan pelabuhan untuk pengembangan industri.