Tanamkan Sifat Peduli Kepada Siswa Sekolah Dasar

:


Oleh MC Kalsel, Senin, 11 April 2016 | 12:14 WIB - Redaktur: Tobari - 478


Banjarbaru, InfoPublik - Sekarang ini memang sudah tidak asing lagi jika kita melihat barang bekas yang biasanya dibuang begitu saja dapat diolah menjadi barang yang lebih bermanfaat. Kali ini tidak kalah menarik, hasil karya tangan siswa Sekolah Dasar wilayah Banjarbaru yang dipamerkan di Banjarbaru Fair Expo 2016.

Sebagian memang banyak hanya dipamerkan, namun ada beberapa barang seperti tempat tisu dan tas rajut yang dijual, karena memang bahan yang dipakai membuatnya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Untuk hasil karya anak-anak ini cuma dipamerkan saja, karena kami menghargai usaha mereka dalam membuat karya tangan dengan kreasi mereka sendiri tanpa ada suruhan.

“Jadi ketika acara ini selesai karya mereka akan dipajang kembali di sekolah,” kata Pembina Sekolah Adiwiyata sekaligus anggota Komunitas Green and Clean Kota Banjarbaru, Dini, Jum’at (8/4).

Dini menambahkan ini masih sebagian saja karya yang dipamerkan belum dari semua sekolah yang ada di wilayah Banjarbaru, pada hari kedua Banjarbaru Fair Expo 2016 akan ditampilkan seluruhnya.

“Tugas kami memang membina anak-anak Sekolah Dasar untuk mau aktif dalam berkreasi dan sadar jika barang-barang yang dianggap tidak berguna lagi dapat menjadi karya yang akan menarik minat banyak orang,” katanya.

Selain barang-barang daur ulang, terdapat juga pupuk organik dan anorganik yang juga buatan siswa Sekolah Dasar salah satunya milik SDN 1 Komet.

“Jika tidak dilatih dari sekarang kapan lagi mereka akan sadar pentingnya menjaga lingkungan dan alam sekitar. Mereka diajarkan membuat pupuk agar paham jika alam harus dijaga terlebih tumbuhan yang sangat berperan penting dalam kehidupan kita,” jelas Dini. (nita/toeb)