Bupati Agam Imbau Pegawai Tingkatkan Pelayanan Dengan Inovatif dan Kreatif

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 7 April 2016 | 19:02 WIB - Redaktur: Tobari - 374


Agam, InfoPublik - Bupati Agam Indra Catri meminta agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk terus meningkatkan pelayanan, sehingga masyarakat semakin mudah dalam pengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.  

Menurutnya, pemerintah senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, beragam inovasi dilakukan. Kemudahan adalah ujung tombak dari bentuk layanan kepada masyarakat. Hal ini harus senantiasa diterapkan dalam setiap layanan publik di Agam. 

"Disdukcapil merupakan wajah pelayanan publik. Sejauh ini saya melihat, kesadaran masyarakat dalam pengurusan data capil sangat tinggi maka harus diimbangi dengan inovasi dan kreatifitas dari seluruh pegawai," kata Bupati dalam kunjungannya secara mendadak ke kantor Disdukcapil, Selasa (5/4). 

Selain melihat langsung kegiatan pelayanan dokumen kependudukan, Bupati juga ikut mengurus administrasi kependudukan. Hal ini sekaligus sebagai langkah memotivasi agar masyarakat tidak mengabaikan pengurusan dokumen pencatatan sipil. 

Indra Catri, seperti masyarakat lainnya, mengambil nomor urut antrian dan ikut antri bersama masyarakat tanpa meminta diistimewakan. Setelah sampai pada antriannya, Indra Catri didampingi Kepala Disdukcapil Agam Misran melakukan perubahan data e-KTP dengan sidik jari sendiri.  

Sementara Itu, Kadisdukcapil Kabupaten Agam, Misran mengatakan, dalam meningkatkan layanan publik pihaknya terus berupaya memberikan beragam kemudahan sesuai aturan kepada masyarakat. Tidak hanya dalam pengurusan data, perbaikan pelayanan juga dilakukan dengan melakukan penataan di kantor. 

Dengan peningkatan layanan tersebut, jumlah masyarakat yang melakukan pengurusan data pencatatan sipil sangat maksimal. Ia menyebutkan, terhitung Januari 2016, tingkat pengurusan masyarakat wajib e-KTP sudah mencapai 92%. 

"Tingkat pengurusan data sipil masyarakat sangat tinggi, dengan kondisi optimal kita selalu memberikan pelayanan yang terbaik," jelasnya.(mc agam/toeb)