30 Titik Api Terdeteksi di Riau

:


Oleh Prov. Riau, Minggu, 3 April 2016 | 13:13 WIB - Redaktur: Kusnadi - 273


Pekanbaru, InfoPublik  -   Kebakaran lahan di Riau semakin meluas. Sabtu (2/4) pagi setidaknya terdeteksi 30 titik api di enam kabupaten dan kota.

Dari data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru mencatat, setidaknya terdapat 56 hotspot (titik panas) di bumi lancang kuning.

Hotspot ini tersebar di delapan kabupaten dan kota. Bengkalis merupakan daerah terbanyak dengan 27 titik, Meranti 12 titik, Dumai tiga titik, Pelalawan lima titik, Rohil dua titik, Siak titik, Inhil empat titik dan Inhu satu titik.

Dari 56 hotspot tersebut, 30 di antaranya dipercaya sebagai titik api akibat kebakaran lahan dan hutan dengan tingkat confidance 70 persen.

"Dengan confindance 70 persen itu Bengkalis terdapat 15 titik api, Meranti delapan titik, Inhil tiga titik, pelalawan dua titik, inhu 1, inhu satu titik.dan Dumai satu titik. Kondisi panas kering diwilayah pesisir akan mudah untuk terbakar," ujar Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin, Sabtu (2/4/).

Secara keseluruhan sambungnya, di Sumatera terdapat 79 hotspot yang tersebar di tiga provinsi, yakni Sumut lima titik, Kepri 18 titik.

Sugarin berharap, proses pemadaman dapat diintensifkan lagi di wilayah pesisir. Kondisi udara yang kering dapat memicu terjadinya peningkatan kebakaran lahan.

"Kita minta pihak-pihak yang tak bertanggungjawab jangan melakukan bakar-bakar, karena kondisi cuaca panas kering diwilayah pesisir sedikit terbakar bisa langsung meluas," harapnya.

Pada umumnya cuaca di wilayah Riau Cerah hingga Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Riau bagian barat dan selatan pada siang atau malam hari. (MC Riau/yan/KUs)