Bupati Sergai Apresiasi Program Bedah Rumah PTPN III

:


Oleh dishubkominfo kab serdang badagai, Kamis, 24 Maret 2016 | 09:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 192


Serba Jadi, InfoPublik – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman memberikan apresiasi yang tinggi atas kepekaan dan kepedulian Cooperate Social Responbility (CSR) ataupun tanggung jawab PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III), telah mencanangkan program bedah atau rehabilitasi rumah masyarakat miskin melalui program kemitraan dan bina lingkungan perusahaan ini.

Hal ini dikatakan Bupati Sergai dalam sambutannya pada acara Peresmian Bedah Rumah PTPN III di Desa Tanjung Harap, Kecamatan Serba Jadi, Selasa (22/3).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Sergai Syahlan Siregar ST, Wabup Darma Wijaya, Direktur SDM dan Umum PTPN III Harianto, SH, Kabag KBL PTPN III Syahrial, SE, Distrik Manager Serdang II Ir. H. Jefri Wilson, MMA, seluruh manager unit kebun se-Distrik II Serdang, Kadisosnakerkop Aguslan, SE, Camat Serba Jadi Nazaruddin, S.Sos, M.AP, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, jajaran Karyawan PTPN III dan masyarakat penerima bantuan program bedah rumah.

Menurut Bupati Soekirman, program bedah rumah ini sangat membantu dan mendukung program Pemerintahan Kabupaten Sergai dalam mengentaskan kemiskinan.

Dikatakan, perusahaan tidak hanya boleh berorientasi pada keuntungan finansial semata, akan tetapi harus memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar perusahaan tersebut.  

Di samping itu, melihat perkembangan kondisi saat ini, masyarakat saat ini mulai memahami arti pentingnya persamaan hak-hak publik, dimana masyarakat sadar akan haknya dalam meminta tanggung jawab perusahaan atas berbagai masalah sosial yang ditimbulkannya oleh beroperasinya satu perusahaan.

“Bukan hanya pada proses produksi akan tetapi sampai pada kaitannya dengan kepedulian perusahan terhadap berbagai dampak sosial masyarakat sekitar perusahaan,” ujarnya.

Bupati berharap kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut ke depannya, terwujudnya sinergi bersama antara Pemerintah, Perusahaan Negara maupun swasta dan masyarakat dengan memberdayakan seluruh sumber daya dan potensi yang ada, pungkas.

Pada kesempatan sama, Direktur SDM dan Umum PTPN III Harianto menjelaskan, program bedah rumah merupakan tindak lanjut dari program Kementerian BUMN BUMN Hadir Untuk Negeri, dimana sebagai Holding BUMN menjadi kewajiban PTPN III untuk melaksanakan program-program yang berorientasi kepedulian sosial masyarakat yang masih memiliki kondisi rumah yang belum layak huni.

Program bedah rumah yang telah dicanangkan atau rehabilitasi rumah masyarakat miskin melalui program kemitraan dan bina lingkungan, dijelaskan Harianto, sudah dilaksanakan mulai pada tahun 2014.

Program ini, lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian perusahaan demi kesejahteraan masyarakat sekitar PTPN III sehingga terjalin kontribusi yang positif antara PTPN III dengan masyarakat sekitar, dan diharapkan juga kepada perusahaan perkebunan yang tergabung dalam unit usaha PTPN III terus menjaga hubungan baik dengan seluruh unsur masyarakat dan pemerintahan setempat.

Kepada seluruh jajaran elemen masyarakat, Direktur SDM dan Umum PTPN III Harianto juga mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik untuk turut menjaga aset-aset dalam perkebunan, sehingga PTPN III dapat berbuat lebih banyak dalam meningkatkan kehidupan masyarakat sekitar perkebunan PTPN III.

Adapun realisasi program bedah rumah yang dilaksanakan di Kabupaten Sergai sebanyak enam unit yang mencakup wilayah 1 Unit Rumah di Desa Tanjung Harap Kecamatan Serba jadi, 1 Unit Rumah di Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul, kemudian 1 Unit Rumah di Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu dan 3 Unit di Kecamatan Tebing Tinggi yang berada di Desa Sei Priuk dan Desa Sei Semujuri. Ukuran program bedah rumah dengan ukuran lebar 4 meter dan Panjang 7 meter.

Demikian pula halnya Wagiman, salah satu penerima bantuan mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas perhatian yang ditunjukkan PTPN III yang telah melakukan program bedah rumah sehingga memberikan tempat huni yang nyaman dan layak dan berharap agar kedepannya PTPN III dapat terus  dilaksanakan.(Mc Kab.Sergai/Kus)