Pipa PDAM Putus Akibat Longsor Di Tabalong

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Senin, 14 Maret 2016 | 09:16 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 695


Tabalong, InfoPublik - Jaringan pipa distribusi milik Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan tepatnya di Kelurahan Belimbing RT 6 putus akibat longsor bersamaan tingginya curah hujan di wilayah setempat.

Petugas lapangan PDAM Tabalong, Heru di Tanjung, Jumat, (11/3), menyatakan putusnya jaringan pipa distribusi diameter enam tersebut menyebabkan ribuan pelanggan di Kecamatan Murung Pudak harus gigit jari, karena layanan air bersih dihentikan.

"Sejak malam tadi distribusi air bersih ke Kecamatan Murung Pudak kami hentikan karena putusnya jaringan pipa distribusi akibat longsor di Kelurahan Belimbing," jelasnya.

Sejumlah petugas lapangan hingga saat ini melakukan pembongkaran jaringan pipa distribusi untuk bisa menyambung bagian pipa yang putus dan diperkirakan sore hari pengiriman air leding ke pelanggan bisa kembali normal.

Longsor di ruas jalan Tangki Hijau menuju Murung Pudak ini selain menyebabkan jaringan pipa distribusi putus juga berdampak pada aktifitas pengguna jalan karena kendaraan roda empat tidak bisa melintas. Satu warga Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak Rahmawaty mengharapkan distribusi air PDAM bisa lancar kembali dan terpaksa memanfaatkan air hujan untuk keperluan mencuci.

Sementara itu, sejumlah ruas jalan di Kota Tanjung dan Kecamatan Murung Pudak juga terendam air menyusul saluran drainase yang tidak berfungsi di antaranya di Jalan Anggrek dan Bataman sekitar Hutan Kota serta Kelurahan Jangkung. (MC.Tabalong/Eyv)