Dasawisma Batu Taba Wakili Kabupaten Agam Ke Tingkat Propinsi Sumbar

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 26 Februari 2016 | 17:27 WIB - Redaktur: Tobari - 3K


Agam, InfoPublik - Kelompok Dasawisma Naga Jorong Sungai Rotan Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek, mewakili Kabupaten Agam pada lomba Dasawisma PKK berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016. 

Kelompok Dasawisma yang dimotori para ibu-ibu melalui wadah PKK itu, berhasil mengajak masyarakat berpartisipasi melaksanakan 10 program pokok PKK. 

"Dari penilaian yang kita lakukan di tingkat kabupaten, kita mengutus Dasawisma Naga Jorong Sungai Rotan, karena merupakan salah satu Dasawisma terbaik di Agam," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri, saat melakukan pembinaan kepada kelompok Dasawisma Naga, Selasa (23/2). 

Penilaian itu, menurut Ny. Vita akan dilakukan pada bulan Maret oleh TP-PKK provinsi. Terkait penilaiannya, diambil dari sejauh mana kinerja dari pembinaan yang dilakukan TP-PKK setempat dalam memberdayakan kelompok Dasawisma dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan memberikan manfaat kepada kelompok dan masyarakat daerah setempat. 

Selain itu, tim provinsi nanti juga menilai pembinaan administrasi dan pencatatan kelompok binaan TP-PKK yang ada, serta sejauh mana upaya yang telah dilaksanakan dalam memanfaatkan lahan perkarangan yang dapat membantu perekonomian rumah tangga dan peningkatan gizi keluarga. 

"Maka melalui kunjungan ini, kita mengevaluasi sejauhmana persiapan yang dilakukan oleh Dasawisma Naga, sehingga dalam pelaksanaan lomba nanti memang benar-benar sudah siap dan matang, karena pada tahun 2015 Dasawisma Ros Lima Jorong Pauah Nagari Kamang Mudiak juara satu tingkat provinsi," jelasnya. 

Ny. Vita mengatakan, untuk menunjang kegiatan administrasi kelompok Dasawisma, pemerintah nagari juga menganggarkan sejumlah dana. 

Sementara itu, Ketua Kelompok Dasawisma Naga 2 Nora Novita, mengatakan terbentuknya Dasawisma Naga pada 10 September 2013 dengan anggota 135 dan KK 33. Sejak terbentuknya Dasawisma, ditunjang dan didukung penuh oleh elemen masyarakat dan pemerintah nagari. 

"Salah satunya pemerintah nagari menganggarkan dana untuk kegiatan-kegiatan Dasawisma, seperti dilakukan pembinaan dari PKK Nagari," jelasnya. 

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan Dasawisma, adalah ikut berperan aktif dalam kemasyarakatan, sosial, keagamaan, ekonomi keluarga dan kesehatan masyarakat.  (mc agam/toeb)