Walikota Bandung Menginspirasi Murid-murid SD

:


Oleh MC Kota Bandung, Kamis, 25 Februari 2016 | 14:39 WIB - Redaktur: Tobari - 459


Bandung, InfoPublik – Walikota Bandung M Ridwan Kamil mengisi salah satu kelas untuk mengajar di SD Negeri Balonggede, Jl. Balong Gede No. 49, Rabu (24/2), untuk menginspirasi mereka.

Beberapa relawan dari berbagai latar belakang profesi seperti pilot, polisi, jurnalis, pengusaha, musisi dan profesi lainnya, hari itu menyenggangkan waktunya untuk menginspirasi murid-murid SD tersebut agar dapat belajar dari para profesional dan menumbuhkan cita-cita.

Kali ini Ridwan Kamil berperan sebagai Walikota Bandung, mengenalkan tugas-tugas keseharian pemerintahan sebagai abdi masyarakat secara interaktif.

Selanjutnya beberapa murid dengan ceria memerankan dirinya sebagai walikota berkoordinasi dengan kepala dinas secara bergantian dengan skenario penanggulangan bencana seperti banjir, kebakaran, dan skenario mendengarkan aspirasi masyarakat, serta kampanye politik.

Ridwan berpendapat untuk mengarahkan anak-anak harus direktif. "Kadang-kadang mereka malu harus mengungkapkan, jadi lebih susah karena harus ada metodologi khusus agar mereka merasa nyaman kemudian mengungkapkan perasaan," ujarnya usai mengisi kelas.

Lebih lanjut dikatakannya, harus ditunjuk sebagai peran, tadi  menunjuk ada yang berperan sebagai walikota, kepala dinas, lalu diarahkan cara menolong orang, cara koordinasi pemerintah, melatih bagaimana mereka kampanye untuk memenuhi permintaan warga.

Terkait skenario kampanye politik, ia mengemukakan bahwa kampanye untuk dipilih sebagai pemimpin, karena politik ini penting untuk anak-anak bahwa menjadi pemimpin itu tidak mudah harus selalu mendengar rakyat, harus selalu siap menolong orang lain dan harus berani menyampaikan gagasan.

Kelas Inspirasi Bandung 4 dilakukan serentak di 68 SD di 59 lokasi se-Bandung Raya dengan melibatkan 1.021 relawan berbagai latar belakang profesi untuk berbagi cerita mengenai profesi mereka yang diharapkan dapat menginspirasi murid-murid SD, juga merupakan kontribusi nyata turun tangan terhadap pendidikan Indonesia. (mc bandung/toeb)