Perayaan Imlek Di Pekanbaru Berlangsung Sederhana

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 9 Februari 2016 | 09:13 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 345


Pekanbaru, InfoPublik  - Hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak, Minggu Pagi, (7/2), ternyata tidak mengurangi kemeriahan perayaan Imlek 2567 atau 2016 di Kota Bertuah.Perayaan Imlek yang dipusatkan di Kampung Tionghoa, Jalan Karet, Kecamatan Senapelan ini tetap menjadi pusat perhatian ribuan masyarakat Kota Pekanbaru. 

Meskipun perayaan kali ini lebih sederhana dari tahun sebelumnya, pesta kembang api dan festival lampion tetap memeriahkan Imlek kali ini. Beradsarkan pengamatan di lapangan, di beberapa pintu gerbang kampung Tionghoa Pekanbaru, dibentangkan spanduk berukuran sedang bertuliskan "Gong Xi Fa Choy".

Sedangkan di teras bangunan utama lampion-lampion merah bergelantungan, sehingga menambah semaraknya suasana penyambutan tahun baru Imlek.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau, Peng Suyoto, mengatakan, perayaan Imlek akan dimulai pukul 22.00 hingga 24.00 wib.Menurutnya, perayaan Imlek ini tidak ada acara khusus yang berskala besar di tahun ini. Hal ini  menyesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang sedang lesu saat ini.

"Tidak ada acara khusus selain ritual khusus dan doa-doa termasuk mendoakan bangsa dan negara agar terhindar dari bencana. Agar perekonomian lebih baik lagi,"ujarnya. Meskipun perayaan Imlek kali ini tidak sebesar tahun lalu, namun warga Tionghoa di Pekanbaru dan umumnya di Provinsi Riau, tetap memasang pernak-pernik Imlek, terutama lampion.(MC Riau/yan/eyv)