Pimpinan SKPD Harus Di Tempat Saat Proses Pemeriksaan BPK

:


Oleh mctidore, Rabu, 3 Februari 2016 | 11:21 WIB - Redaktur: Tobari - 371


Tidore, InfoPublik - Selama masa pemeriksaan berlangsung, seluruh pimpinan SKPD tidak boleh meninggalkan tempat agar pemeriksaan laporan keuangan dan permintaan data yang dilakukan oleh BPK dapat dipenuhi, dan proses pemeriksaan dapat dilaksanakan dengan baik.

Hal ini ditegaskan Asisten Sekretariat Daerah Bidang Administrasi Hj. Kartini Elake mewakili Pj. Walikota Tidore Kepulauan, di sela-sela pertemuan Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara bersama jajaran Pemkot Tidore Kepulauan, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Selasa (2/2).

Dalam pertemuan ini Kartini Elake meminta seluruh pimpinan SKPD agar lebih serius melayani permintaan data yang dilakukan oleh BPK. Dikatakan bahwa Pengelolaan data yang baik dan pengelolaan keuangan yang tertib merupakan salah satu syarat penting untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan BPK pada tahun kemarin.

Sementara itu, Pengendali Teknis Tim BPK Acmad Fauzi menjelaskan kehadiran tim BPK terutama untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan LKPD tahun 2015 pada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Karena ini merupakan pemeriksaan awal, maka kepada para pimpinan SKPD bagi yang belum melengkapi laporan keuangannya agara dapat memanfaatkan pemeriksaan awal ini untuk dilengkapi sehingga pada pemeriksaan berikutnya pada akhir Maret mendatang dapat dilaksanakan secara lengkap. Kata Fauzi.

Ketua Tim Pemeriksa Eko Supriyanto mengingatkan agar para pimpinan SKPD lebih fokus terhadap objek pemeriksaan. Oleh karena itu, tim juga telah memberikan nomor telepon yang dapat dikontak apabila ada keperluan informasi terkait pemeriksaan yang dilaksanakan selama 30 hari dari 2 Februari - 2 Maret 2016.

Kepala SKPD juga diminta agar jangan mudah percaya bila nantinya ada yang mengontak melalui telepon yang mengatasnamakan BPK untuk meminta menyetorkan uang tertentu terkait pemeriksaan yang sedang dilaksanakan. Hal ini juga penting untuk menjaga integritas anggota BPK selama pemeriksaan berlangsung.

Pertemuan ini dihadiri para Assisten, Staf Ahli, para pimpinan SKPD, Sekretaris bersama Bendahara masing-masing SKPD lingkup Kota Tidore Kepulauan. (mc tidore/humas/toeb)