Bupati Garut Resmikan PLTMH Cisanggiri

:


Oleh MC Kab Garut, Jumat, 22 Januari 2016 | 14:35 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Garut, InfoPublik – Bupati Garut Rudy Gunawan meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Cisanggiri di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kamis (21/1/16).  Penekanan tombol secara bersama dengan Ahmad Kalla selaku Direktur Utama PT BUKAKA yang mengelola PLTMH Cisanggiri, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Zaeful Rahman, Kapolres Garut AKBP Arif Budiman, menandai dioprasionalisasikannya PLTMH yang berkapasitas 2 x 1,5 MW tersebut.

PLTMH Cisanggiri merupakan pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air kedua yang berdiri di Kabupaten Garut setelah PLTMH Cirompang, Kecamatan Bungbulang ,yang beberapa waktu lalu diresmikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Rudy Gunawan dalam sambutannya menyampaikan akan membuka selebar-lebarnya bagi para insvestor yang berminat melakukan investasi untuk melakukan pengelolaan terhadap kekayaan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Garut.

“Silahkan kami terbuka apabila akan berinvestasi di Kabupaten Garut, terlebih akan memaksimalkan potensi sumber daya alam, namun demikian harus serius. Dari sekian banyak, hanya ada dua investor yang telah terbukti mampu berjalan dengan baik yang lainnya belum seperti itu,” ujarnya.

Kekayaan alam Kabupaten Garut yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat sangatlah banyak, salah satunya keberadaan potensi sumber daya air yang banyak di wilayah selatan ini.

Dengan sentuhan teknologi maka akan tercipta banyak manfaat yang bisa diambil, contohnya bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, singkatnya.

Oleh karenanya, katanya, yang paling penting untuk mendukung keberadaan PLTMH sehingga mampu berjalan dengan baik dan tentunya mampu bertahan dengan lama, yaitu pemeliharaan alam itu sendiri. PLTMH akan sangat bergantung kepada air, dan itu tergantung pada pemeliharaan hutan.

Saya berharap, pengelola PLTMH mampu bersinergi dengan masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian alam.

Sementara itu Direktur Utama PT BUKAKA, Ahmad Kalla dalam sambutan singkatnya menyampaikan rasa terimakasihnya atas peran serta seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Cihurip atas dukungkannya sehingga PLTMH Cisanggiri dapat beroperasi dengan baik. Mudah-mudahan keberadaan PLTMH ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. (Mc Kab. Garut/Kus)