Antisipasi DBD, Dinkes Kabupaten Garut Lakukan Penyemprotan

:


Oleh MC Kab Garut, Jumat, 22 Januari 2016 | 14:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 396


Garut, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Garut  melakukan pengsapan atau fogging di  Kampung Cibunar, Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (21/1).

Kepala Desa Cibunar Aji Engkos mengatakan, Dinas Kesehartan Kabupaten Garut melakukan pengsapan di Kampung Cibunar, menyisir sedikitnya 300 rumah, kandang ternak dan lahan gambut, menyusul   adanya warga posisif terrindikasi terjangkit DBD.

“Diharapkan adanya penyemprotan ini  dapat mencegah penularan DBD serta membunuh jentik nyamut  yang mengakibatkan DBD,” ungkapnya .

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Teny Sewara Rifai  mengatakan, pengasapan atau fogging dilakukan setelah adanya kasus DBD di daerah tersebut.

Menurutnya, selain di Desa Cibunar, pihaknya juga melakukan penyemprotan di Kecamatan Tarorong Kaler, Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut.

Dikatakan, diperkirakan saat musim hujan seperti sekarang ini bakal terjadi peningkatan jumlah kasus penyakit demam berdarah (DB) di Kabupaten Garut.

Pengasapan atau fogging bukan satu satunya cara untuk pencegahan penularan DBD, cara lain yang harus dilakukan warga adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan pola hidup sehat,” katanya.

Di antaranya, jelasnya,  mengikuti anjuran melaksanakan gerakan 3M, menutup rapat-rapat bak mandi agar tidak menjadi sarang nyamuk dan air tidak menjadi penampungan hasil tetas nyamuk.

Kemudian, menguras bak mandi setidaknya satu minggu sekali untuk menjamin kebersihan bak mandi, dan Menimbun barang tak terpakai seperti kaleng atau wadah kosong yang memungkinan menjadi tempat tergenang air (pot, vas bunga, ember, dsb) agar nyamuk tidak bertelur di dalamnya.(Mc Kab. Garut/Kus)