Dermaga Bom Jadi Pusat Kuliner Kalianda Lampung Selatan

:


Oleh Diskominfo Kab. Lampung Selatan, Kamis, 21 Januari 2016 | 12:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 7K


Kalianda, InfoPublik - Pemkab Lampung Selatan (Lamsel) terus menggalakkan konsumsi makanan tradisional. Salah satunya dengan menjadikan Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Dermaga Bom Kalianda sebagai pusat wisata kuliner. Untuk medukung program itu, Badan Ketahanan Pangan setempat melakukan program pelatihan dan bimbingan teknis pengolahan bahan lokal kepada warga di sekitar Dermaga Bom.

Bimbingan pengolahan makanan lokal itu sebagian besar diikuti kaum ibu. Mereka diajarkan tatacara memasak makanan tradisional khas Kalianda, seperti otak-otak, simpo labu, simpo pisang dan bakso. Bahan baku pembuatan makanan lokal itu berasal dari ikan dan singkong serta pisang lokal asal Kalianda.

Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Puadi mewakili Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Lamsel Rini Ariyasih mengatakan, kegiatan pelatihan itu dilakukan agar kedepan kaum ibu di wilayah Dermaga Bom mampu membudayakan makanan tradisional. Kegiatan pelatian itu telah dilakukan sebanyak empat kali, yakni di Pantai Laguna Kecamatan Kalianda dan di Lebung Nola kecamatan Ketapang.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada para ibu untuk membudayakan makanan tradisional. Setelah itu, para peserta akan diuji untuk memastikan apakah sudah berhasil atau belum. Untuk tim pengujinya akan dilakukan oleh tim yang telah kami siapkan,” paparnya.(Mc Kab. Lampung Selatan/Kus)