Ambon-Vlissingen Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

:


Oleh MC Kota Ambon, Selasa, 12 Januari 2016 | 18:46 WIB - Redaktur: Tobari - 442


Ambon, InfoPublik - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Vlissingen-Belanda, melalui yayasan SSVA, akan melaksanakan operasi bibir sumbing gratis kepada masyarakat Kota Ambon, yang rencananya akan berlangsung tanggal 18 hingga 29 Januari mendatang.

Demikian dikatakan  Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru, kepada Pers di Ruang Media Center Pemkot Ambon, Senin (11/1).

Dikatakan, operasi bibir sumbing dan luka bakar akan ditangani oleh empat dokter di antaranya, 2 dokter ahli bedah plastik, 2 dokter anastesi dan tim perawat yang akan membantu operasi bedah plastik kepada masyarakat Kota Ambon di Rumah Sakit Umum (RSU) DR Haulussy.

“Sebelum operasi ini dilaksanakan, pihaknya telah membuka pendaftaran yang dilaksanakan di setiap puskesmas yang tersebar di Kota Ambon. Karena itu masyarakat yang mengalami bibir sumbing maupun luka bakar dapat mendaftarkan diri sebelum operasi dilaksanakan, karena operasi akan dilakukan secara gratis,” katanya.

Dijelaskan, kita tidak memunggut biaya operasi tersebut,  cuma bagi penderita selesai dioperasi harus nginap 1 hingga 3 hari di RSU DR Haulussy. Kalau pasien peserta anggota BPJS akan ikut prosedur yang ada, tapi kalau tidak akan difasilitasi oleh Pemkot Ambon.

“Operasi ini merupakan bagian dari program Pemkot Ambon dan Vlissingen dalam melanjutkan hubungan kerjasama kota kembar (Sister City) dalam berbagai sektor pada Maret 2012, makanya operasi tersebut ditujukan bagi masyarakat miskin di Kota Ambon dan sekitarnya,” katanya. (WP/toeb)