Kurangi Impor, KKP Bangun Pabrik Tepung Ikan

:


Oleh Baheramsyah, Minggu, 10 Januari 2016 | 10:46 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Kelautan dan Perikanan akan bangun pabrik tepung ikan dengan nilai Rp 53,9 miliar. Hal tersebut untuk mengurangi angka impor tepung ikan. Pasalnya selama ini impor produk tersebut cukup tinggi.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSKP) PDSKP Nilanto Perbowo mengatakan, tahun 2016 Ditjen PDSKP menganggarkan Rp 53,9 miliar untuk pembangunan pabrik tepung ikan. Hal itu sebagai salah satu solusi untuk mengurangi jumlah impor tepung ikan.

"Pembangunan akan dilakukan di Kota Waringin Barat, Halmahera Selatan dan Kota Kendari. Pabrik akan ditempatkan di sentra-sentra perikanan seperti wilayah-wilayah yang saya sebutkan tadi," ujar Nilanto di Jakarta, Sabtu (9/1).

Sedianya tepung ikan hasil produksi nantinya akan dimanfaatkan untuk pakan ikan khususnya udang budidaya. Pasalnya udang membutuhkan pakan berprotein tinggi agar budidaya menjadi berkualitas.

Diawali dengan pakan yang berkualitas, kata Nilanto, dipastikan produk udang dalam negeri nantinya akan menjadi primadona. Tepung ikan, lanjut Nilanto, juga akan digunakan untuk keperluan lainnya.

"Pabrik tepung ikan yang kita bangun nantinya akan dekat dengan bahan baku seperti di sentra-sentra nelayan. Ini berbeda dengan yang dilakukan oleh Ditjen lain," imbuhnya.