Arus Balik Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk Lancar

:


Oleh R.M. Goenawan, Minggu, 3 Januari 2016 | 23:00 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Jakarta, InfoPublik - Menjelang berakhirnya masa liburan Natal dan akhir tahun, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat menyatakan, kondisi penyeberangan Ketapang Banyuwangi - Gilimanuk Bali lancar dan belum ada antrean penyeberangan.

Sebanyak 30 unit kapal dioperasikan dan telah menyeberangkan orang 25.348 penumpang atau sama dengan tahun lalu, 3.048 unit roda dua (naik 39 persen). Sementara kendaraan roda empat campuran sama tahun lalu yaitu 5.635 unit.

Adapun data produksi Gilimanuk, Bali menyebutkan, kapal telah menyeberangkan 46.058 orang penumpang, atau naik 2 persen dari tahun lalu, 4.308 unit roda dua (turun 13 persen), dan 5.635 unit kendaraan roda empat campuran atau sama dengan tahun lalu.

“Siang ini kondisi Pelabuhan Gilimanuk cerah dan situasi di pelabuhan lancar,” ujar Christine Hutabarat, Minggu (3/1).

Sebelumnya PT ASDP Indonesia Ferry berupaya meningkatkan layanan penyeberangan di setiap pelabuhan maupun lokasi lainnya yang terdapat layanan kapal penyeberangan pelat merah ini.

Bertepatan dengan liburan akhir 2015, pemantauan layanan penyeberangan difokuskan pada 12 cabang pelabuhan di seluruh Indonesia, yang berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya yang terjadi peningkatan jumlah produksi yang cukup tinggi.

Adapun ke-12 cabang tersebut ialah cabang Sibolga, Bangka, Bakauheni, Merak, Surabaya, Ketapang, Lembar, Kayangan, Bajoe, Bitung, Ambon dan Kupang. "Intinya, kami tidak ingin pengguna jasa kecewa dan mereka dapat menikmati penyeberangan yang aman, nyaman dan selamat," kata Christine.