Dinas Pertanian Terus Dorong Sektor Unggulannya

:


Oleh MC KAB SORONG, Selasa, 22 Mei 2018 | 08:09 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 418


Sorong, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Sorong, melalui Dinas Pertanian terus berupaya untuk mendorong masyarakat asli Papua menjadikan sektor pertanian sebagai mata pencaharian pokoknya.

Hal ini dapat terlihat pada Kelompok Tani Malamay Mandiri, milik masyarakat Kampung Malamay, Distrik Seget,  yang mana pada  beberapa waktu lalu telah  melakukan panen perdana tanaman holtikultura bersama Bupati Sorong  Johny Kamuru, didampingi Kadis Pertanian  Benyamin Halatu.

Dalam kesempatan ini, Ketua Kelompok Tani Malamay Mandiri Herman Sefle, baru-baru ini, menyampaikan bahwa selama  dua tahun sejak berdirinya kampung ini dirinya telah berupaya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat Kampung Malamay untuk menjadi petani buah – buahan dan sayur mayur.

Sebagai hasilnya, terbukti kini banyak masyarakat yang tertarik untuk bercocok tanam jagung, kacang panjang, tomat , semangka, kacang tanah, dan melon.

“Mewakili masyarakat, saya berharap agar Pemerintah Kabupaten Sorong memproteksi hasil pertanian, khususnya buah-buahan dan sayur mayur lokal dengan mengeluarkan Peraturan Daerah terkait larangan masuknya hasil pertanian tertentu dari luar Sorong,” imbaunya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kamuru menyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Sorong akan menindaklanjuti masukan tersebut, agar produk pertanian lokal menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri, dan juga demi kestabilan harga yang nantinya berimbas pada kesejahteraan petani lokal.

“Kepada masyarakat Kampung Malamay,  saya harapkan untuk tetap menggarap lahan dengan tidak berpindah- pindah, dan menjadikan pekerjaan ini sebagai mata pencaharian yang tetap,” harap bupati.

Pada acara panen perdana swakelola ini diserahkan pula bantuan bibit buah – buahan dari Bupati Sorong kepada masyarakat sebelum dilakukan penanaman buah – buahan secara simbolis.

 Ada pula bantuan alat mesin pertanian (Asintan) berupa handsprayer, cultivator, dan mesin pompa yang pada kesempatan ini dilakukan pula peletakan batu pertama pembangunan rumah mesin pompa.
(Humas Kabsorong/dkny/rim/eyv)