Berdayakan Kaum Ibu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui UPPKS

:


Oleh MC KAB LUMAJANG, Rabu, 16 Mei 2018 | 12:55 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 486


Lumajang, InfoPublik - Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) melalui usaha produktifnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, interaksi antar anggota kelompok UPPKS diharapkan dapat pula meningkatkan kesertaan ber-KB.

"Sejak tahun 1993 Pemerintah telah memperkenalkan Kelompok UPPKS sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi keluarga bagi peserta KB, sejalan dengan pelaksanaan program KB Nasional yang melibatkan pemerintah, masyarakat dan keluarga," jelas Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DPPKBPP) Kabupaten Lumajang, Heri Susanto saat membuka Pembinaan Kelompok UPPKS di Pendopo Kecamatan Candipuro, Senin (14/5/2018). Pembinaan tersebut diikuti oleh 17 Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) se-Kecamatan Candipuro.

Dikatakan Heri, Kecamatan Candipuro, Kelompok UPPKS  telah berkembang dengan berbagai usaha. Di antaranya pembuatan pakaian bayi rajut,  pembuatan kerupuk,  pembuatan gula merah yang sehat,  pembuatan bubur sumsum dan bubur ketan hitam, serta pembuatan kotak hantaran. Dalam kesempatan tersebut, kelompok - kelompok UPPKS memberikan testimoni terhadap perkembangan usahanya. 

Heri Susanto menjelaskan bahwa UPPKS merupakan wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sebagian besar anggotanya adalah peserta KB dari Keluarga Pra-Sejahtera dan Keluarga Sejahtera yang aktif berusaha secara kelompok. Keanggotaan UPPKS yang didominasi oleh kaum ibu, melalui usahanya tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian keluarga. (MC Kab. Lumajang/Vira)