Distrik Aimas Wakili Kabupaten Sorong Ikut Lomba Menu Sehat Provinsi Papua Barat

:


Oleh MC KAB SORONG, Jumat, 11 Mei 2018 | 09:20 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Sorong, InfoPublik - Untuk yang kedua kalinya Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong menyelenggarakan lomba menu sehat,  yang diikuti oleh para ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK distrik se-Kabupaten Sorong, Rabu (9/5) di Aimas.

"Tujuan diadakannya lomba menu sehat ini adalah untuk melaksanakan fungsi Dinas Ketahanan Pangan di Bidang Konsumsi Penganekaragaman / Diversifikasi Pangan, yakni  melalui lomba menu sehat beragam, bergizi, sehat dan aman.

Selain itu diharapkan  dapat meningkatkan pengetahunan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan, jelas Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Roufrida Panjaitan.

Sementara itu,  Bupati Johny Kamuru,  sesaat sebelum membuka kegiatan lomba ini menyampaikan bahwa kegiatan lomba menu sehat ini merupakan salah satu bukti kepedulian pemerintah Kabupaten Sorong dan sejalan dengan visi misi bupati periode 2017-2022,  yang tertuang dalam misi ke-4, yaitu menyediakan pangan yang cukup bagi masyarakat secara berkelanjutan.

Hal ini dapat diartikan bahwa kita semua baik pemerintah dan masyarakat berkomitmen untuk mewujudkan ketersediaan pangan dengan mengembangkan sumber pangan lokal sesuai dengan potensi dan karakteristik wilayah di Kabupaten Sorong.

Ia berharap,  kedepannya para ibu atau masyarakat di Kabupaten Sorong dapat mengaplikasikan variasi menu yang dibuat melalui peran para pengurus Tim Penggerak PKK,  sehingga keluarga kita dapat hidup sehat, aktif, dan produktif.

Pemenang lomba menu sehat ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori peserta yang berasal dari daerah perkotaan (Distrik Aimas, Mayamuk, dan Distrik Salawati), kategori peserta yang berasal dari daerah pedalaman, dan kategori khusus.

Adapun pemenang yang berasal dari daerah perkotaan,  juara pertama  berhasil diraih Distrik Aimas, juara kedua dari Distrik Salawati, dan juara ketiga dari Distrik Aimas 2.

Untuk kategori pemenang yang berasal dari daerah pedalaman, yaitu juara pertama  diraih Distrik Salawati Selatan, juara kedua berasal dari Distrik Maudus, juara ketiga diraih Distrik Sorong, harapan satu Distrik Konhir, harapan kedua Distrik Sayosa Timur, dan harapan ketiga  Distrik Beraur.

Sedangkan untuk kategori khusus, terdiri dari kategori kreasi menu aplikatif dan favorit dewan juri yang berhasil diraih Distrik Segun, juara kategori kreasi menu beragam dan berimbang diraih Distrik Botain, juara kategori kreasi cita rasa dan penampilan yang diraih Distrik Klabot, dan untuk kategori kreasi menu aplikasi usaha boga diraih Distrik Wemak.

Yang bertindak sebagai juri dalam lomba menu sehat ini adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sorong Ny. Junita Linda Kamuru, Ketua GOW Ny. Rosmini Suka Harjono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan  Maritje Wattimena, Plt. Kepala Dinas P2KBP3A Dorkas Kanapau, Mawarni Harahap dari SMKN 2 Sorong, dan Fitri Irjasari, dari Dinas Kesehatan.

Demikian sumber informasi yang dihimpun awak media ini dari Humas setempat, Jum’at 11 Mei 2018. (MC.Sorong/dkny/rim/eyv)