Puskesmas Pamolokan Lakukan Survei Keluarga Sehat Ke Sejumlah Desa

:


Oleh MC KAB SUMENEP, Selasa, 8 Mei 2018 | 17:29 WIB - Redaktur: Tobari - 957


Sumenep, InfoPublik - Puskesmas Pamolokan melakukan survei Keluarga Sehat di sejumlah desa di Kecamatan Kota yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Pamolokan. Survei itu hingga saat ini sudah dilaksanakan di 4 desa yang dikunjungi meliputi Desa Bangkal, Kacongan, Pangarangan dan Desa Pabian dari 9 desa yang menjadi wilayah kerjanya. 

Kepala UPT Puskesmas Pamolokan, dr. Rifmi Utami kepada Media Center, saat melakukan survei keluarga sehat di Desa Pabian, Selasa (8/5) menjelaskan, Survei Keluarga Sehat merupakan implementasi dari Kebijakan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. 

“Kegiatan Survei Keluarga Sehat ini merupakan bagian dari Agenda ke 5 dari 9 Agenda Prioritas di Nawa Cita Presiden Joko Widodo,” ungkapnya. 

Mantan Kepala UPT Puskesmas Lenteng ini menjelaskan, tujuan kegiatan ini dengan melakukan pendekatan Keluarga, yakni pertama mengintegrasikan seluruh program (UKM dan UKP) di Puskesmas, kedua meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif. 

Lebih lanjut menurut dokter Rifmi, keluarga sehat terdiri dari 12 indikator yang tercakup dalam 3 Garis Besar, yakni program gizi, KIA (5 indikator), pengendalian penyakit menular dan tidak menular (3 indikator) serta perilaku dan kesehatan lingkungan (4 indikator). 

“Kami harapkan kegiatan ini sukses hingga sembilan desa yang menjadi wilayah kerja kami bisa dilakukan survei keluarga sehat.” tambahnya. ( Ren/Esha/Fer/toeb)