BPBD Pematangsiantar Gelar Upacara Peringatan HKB di Lapangan Brimob

:


Oleh MC KOTA PEMATANGSIANTAR, Kamis, 26 April 2018 | 20:21 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 549


Pematangsiantar, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Instansi terkait agar terus meningkatkan upaya mitigasi bencana dengan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat.

Demikian pernyataan itu  ungkapan Wali Kota melalui Wawako Pematangsiantar,Togar Sitorus, saat memimpin upacara peringatan hari kesiapsiagaan bencana (HKB), di Lapangan Subden II/B Brimob, Jalan Jendral Ahmad Yani Pematangsiantar, Kamis Pagi (26/4).

Dalam amanat Wali Kota yang dibacakan wakilnya mengatakan, kepada semua pihak untuk tetap mewaspadai segala bentuk kejadian bencana, karena bencana datang tiba tiba dan tak terduga, oleh karena itu kesiap siagaan pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar penanggulanganya dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Faktor yang paling menentukan untuk menyelamatkan diri dari bencana, menurut Togar adalah kesiapsiagaan diri sendiri, maka untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman bencana sangat penting, dan harus segera disosialisasikan sehingga masyarakat mampu merespon secara cepat dan tepat.

Kepada BPBD dan Instansi terkait agar terus meningkatkan upaya mitigasi bencana dengan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masyarakat, menyebarkan peta rawan bencana, meningkatkan kapasitas dan kemampuan Aparatur, meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait, melakukan uji lapangan evakuasi mandiri secara berkala, serta melakukan penanaman pohon dan rumput penahan longsor.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematangsiantar Drs. Daniel Siregar melalui Sekretarisnya Irwansyah melaporkan, tujuan pelaksanaan kegiatan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun kapasitas dan kapabilitas semua pihak.

Irwansyah menambahkan, peringatan hari kesisapsiagaan bencana mengangkat tema, Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Kita, Keluarga dan Komunitas, dan atraksi dari personil satgas BPBD Pematangsiantar untuk menyemarakkan acara, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0207/Simalungun diwakili Pabung Kodim Mayor Inf.J Tambunan, Kapolres Pematangsiantar diwakili Kasat Binmas AKP M Yusuf, Danki Brimob AKP Yuliana Saputra para camat, personil Satpol PP, TNI Polri, tim sar, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pematangsiantar. (Humas Pemko Pematangsiantar/Eyv).