Jakarta, InfoPublik - Kementerian Sosial melakukan respon cepat penanggulangan korban gempa di Banjarnegara, Jawa Tengah yang terjadi pada Rabu (18/4) lalu.

Kemensos telah mengirim bantuan logistik makanan, unit dapur umum lapangan, peralatan dapur umum, truk serba guna dan RTU, juga telah membuka dua titik dapur umum lapangan.

"Pada saat terjadinya bencana, peran Kemensos adalah social assistance, melalui aktivasi sistem penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial, pengerahan SDM Tagana dan relawan sosial, pemenuhan kebutuhan dasar, advokasi dan layanan dukungan psikososial,” kata Menteri Sosial Idrus Marham, seperti dikutip dalam keterangan Kemensos, Kamis (19/4).

Tim Kemensos juga melakukan asesmen oleh Pendamping PKH untuk mendata rumah rusak, Pekerja Sosial mendata jumlah korban luka, Dinas Sosial Provinsi menyisir dan mendata korban meninggal, sementara TAGANA Banjarnegara dan Banyumas mendata kebutuhan logistik. 

Terkait logistik permakanan telah terdistribusi Lauk Pauk Paket A, susu kaleng, kecap, saus, biskuit, mie instan, telur ayam dan beras.

Mensos menegaskan agar tim Kemensos dan unsur relawan lainnya untuk bekerja bahu-membahu dalam upaya perlindungan korban bencana, serta mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu atau kabar yang tidak benar.

 

Sumber: Kemensos RI