DPRD Lombok Barat Punya Pimpinan Lagi

:


Oleh MC KAB LOMBOK BARAT, Sabtu, 14 April 2018 | 11:40 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Gerung, InfoPublik - Setelah ditinggal pimpinannya, DPRD Kabupaten Lombok Barat kembali mempunyai pimpinan alias ketua. Sebelumnya Hj. Sumiatun yang menjadi pimpinan meninggalkan jabatan selaku ketua, karena mencalonkan diri sebagai paslon Pilkada Kabupaten Lombok Barat 2018. 

Karena terjadi kekosongan pimpinan maka pihak DPRD Lombok Barat memilih dan mengangkat serta melantik Imam Kafali selaku Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat untuk sisa jabatan 2014 – 2019. 

Imam Kafali resmi menjadi Ketua DPRD Lombok Barat setelah melakukan sumpah dan janji jabatan di Aula DPRD Kabupaten Lombok Barat, Jum'at (13/4)

Pelantikan Ketua DPRD Lombok Barat Imam Kafali itu sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor :171.2-310 Tahun 2018, tanggal 11 April 2018,  tentang peresmian pengangkatan pengganti antar waktu Ketua DPRD Lombok Barat untuk sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Imam Kafali yang baru berusia 29 Tahun itu  dan merupakan Ketua DPRD yang termuda ditanggapinya tenang dan bahagia. Ketika ditanya para wartawan setelah pelantikannya, Imam mengungkapkan rasa terima kasih atas terpilihnya selaku Ketua DPRD Lombok Barat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan anggota dewan dan seluruh masyarakat Lombok Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada saya,  ini titik awal mulainya amanah yang dipercayakan,” ucapnya.  

Pelantikan Imam Kafali berlangsung meriah dan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat dan pejabat-pejabat Pemda Kabupaten Lombok Barat termasuk Pjs. Bupati Lombok Barat H. Lalu Saswadi.

H. Lalu Saswadi dalam sambutanya mengatakan pentingnya pimpinan dalam menjaga sistim ketatanegaraan adalah amanat undang-undang. Termasuk peralihan kepemimpinan di DPRD Kabupaten Lombok Barat merupakan amanat  Undang-Undang yang sifatnya imperatif. Lebih-lebih terjadi kekosongan akibat mundurnya Hj. Sumiatun selaku pimpinan dan ketua.

Dikatakan posisi ketua adalah posisi terdepan dalam menjalin hubungan kemitraan. Posisi ketua menjadi sangat vital dalam rangka mempererat koneksitas antara unsur pimpinan dengan anggota, seluruh kelembagaan di DPRD dengan pemerintah, DPRD dengan rakyat yang diwakili, dan yang terutama adalah sinergitas antara rakyat dengan pemerintah.

”Pergantian Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat akan semakin menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah lembaga yang paling utama dalam demokrasi modern yang terus kita bangun,” katanya.

H. Lalu Saswadi memberikan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Lombok Barat yang telah berani memberi kesempatan kepada potensi dari kalangan muda untuk bisa menduduki tampuk imamah yang sangat berat itu. 

Ia berkeyakinan, ditangan kreatifitas kaum muda akan semakin meningkatkan produktifitas DPRD Lombok Barat. Saswadi bangga kepada Imam Kafali terpilih sebagai Ketua yang termuda se Indonesia.

“Sayapun patut berbangga kepada segenap unsur dan jajaran anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat. Saudara Imam Kafali tercatat sebagai Ketua DPRD termuda se-Indonesia. Artinya, seluruh Partai Politik yang ada telah berani memberi kesempatan kepada potensi dari kalangan muda untuk bisa menduduki tampuk imamah yang sangat berat itu," katanya. 

Ia  berkeyakinan, bahwa kreatifitas kaum muda akan semakin meningkatkan produktifitas DPRD Lombok Barat untuk melahirkan Peraturan Daerah yang sangat dinantikan oleh masyarakat. (MC Lombok Barat/Andy/Rasidibragi/toeb)