Sumenep, InfoPublik - Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur menggelar Konsolidasi Pengurus Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Sumenep tahun 2018 sebagai upaya memperkuat semangat dan komitmen organisasi.

Konsolidasi yang dihelat di Aula Kemenag Sumenep, Sabtu (17/03) tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

“Sekaligus memperkuat khazanah keilmuan pengurus BHR tentang hisab dan rukyat, bahkan membangun kesiapan mental menghadapi perbedaan hasil hisab dan rukyat di masa mendatang dan sarana penyelesaian berbagai masalah kontemporer tentang hisab rukyat.” kata Achmad.

 

BHR Kabupaten Sumenep dikatakan Achmad bekerja ikhlas dan semangat berbuat yang lebih baik untuk masyarakat, mengingat tugas dan fungsinya sangat penting karena menyangkut kegiatan ibadah umat muslim.

“Saya juga meminta pengurus BHR Sumenep tidak hanya mengerjakan tugas pokoknya saja, tetapi juga menjadi corong pemerintah menyelesaikan berbagai problematika sosial, seperti radikalisme, terorisme, narkoba dan sebagainya, yang bisa mengancam masa depan NKRI dan generasi muda.” tambahnya.

Keberadaan BHR di tingkat Kabupaten dikatakan Achmad sangat penting. Olehnya itu Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi kinerja pengurus selama ini, yang diakui Achmad telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Pemerintah daerah berterimakasih atas kerja BHR Sumenep, seperti melaksanakan rukyatul hilal tiap awal bulan Ramadhan, Syawal, dan 10 Dzulhijjah, termasuk merampungkan pembuatan almanak dan jadwal sholat untuk wilayah Kabupaten Sumenep.” pungaksnya.

Narasumber dalam konsolidasi ini antara lain Dr. H. Abd. Salam Nawawi, M.Ag selaku Ketua Badan Hisab dan Rukyat Provinsi Jawa Timur.( Yasik/Fer/TR)