Jakarta, InfoPublik – Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur menggelar sosialisasi Ayam Aman Sehat utuh dan Halal (ASUH) kepada 75 kader PKK se Kecamatan Matraman di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak  (RPTRA), Utan Kayu Selatan Berseri, Jakarta Timur, Selasa (13/3).

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur Irma Budiany mengatakan, ayam ASUH perlu diketahui kader PKK yang didominasi kaum ibu. Sebab ditargetkan pada 2019 nanti di pasar-pasar hanya ada ayam tanpa bulu (ATB).

“Daging ayam ASUH merupakan pangan asal hewan yang kaya gizi. Terutama protein, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan serta kecerdasan,” ujarnya.

Dengan sosialisasi ini juga diharapkan para peserta memiliki pengetahuan lebih tentang daging ayam. Bahkan mereka dilatih berwirausaha, yakni menjadi distributor ayam ASUH maupun membuat produk pengolahan peternakan.

“Kegiatan sosialisasi ini sekaligus untuk menunjang program OK OCE. Karena peserta diberikan pembekalan untuk wirausaha. Bahkan kita lakukan pendampingan dan dijembatani menjadi wirausahawan,” tuturnya.

Sementara itu, seorang peserta yang juga warga Palmeriam Endah Jubaedah (45), mengaku senang adanya sosialisasi ini. Sebab ia menjadi tahu tentang adanya ayam ASUH.

“Kami menyambut baik sosialisasi ini karena pikiran jadi terbuka untuk berwirausaha. Kita juga tahu tentang adanya ayam ASUH,” tuturnya.