Bupati Lumajang: PKK Harus Aktif Lindungi Anak-anak Dari Pengaruh Negatif

:


Oleh MC Kab. Lumajang, Senin, 5 Maret 2018 | 08:25 WIB - Redaktur: Kusnadi - 302


Bonebol, InfoPublik – PKK harus melibatkan diri dalam upaya melindungi anak-anak bangsa dari pengaruh jahat narkoba, dan dalam era digital dan kemajuan IT saat ini, peran PKK sangat penting, dalam perlindungan anak-anak dari pengaruh negatif.

Hal itu disampaikan Plt. Bupati Lumajang, Buntaran Suprianto pada Festival Sego Bantingan dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke - 46 dengan tema "PKK Berkarya Keluarga Berdaya" di Alun-alun Lumajang, Minggu (04/03) pagi.

Festival tersebut dihadiri undangan sebanyak 150 orang, antara lain Forkopimda sarimbit, Kepala OPD Kab. Lumajang, Camat, GOW Kabupaten Lumajang, dan Ketua TP PKK kecamatan.

Dalam sambutannya Plt. Bupati menyampaikan bahwa pada zaman ini, menghadapi globalisasi IT, banyak anak-anak yang sudah terpolusi oleh hal-hal yang tidak sehat, seperti halnya narkoba.

Ia berpesan kepada PKK agar selalu mendidik anak anaknya untuk mencegah agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif, yang dapat menghancurkan masa depannya dan masa depan bangsa Indonesia.

"Panjenengan adalah pahlawan-pahlawan, jangan sampai kendor untuk berjuang," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati  menyerahkan tropi dan uang pembinaan kepada pemenang lomba Festival Sego Bantingan yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu kategori PKK, Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Stan Terbaik.

Dalam Kategori PKK, juara 1 dimenangkan oleh Kecamatan Gucialit, kemudian Kecamatan Ranuyoso mendapatkan juara 2, Kecamatan Senduro mendapatkan juara 3 dan Kecamatan Lumajang mendapatkan juara 4.  Sedangkan untuk Kategori Pedagang Kaki Lima, pemenangnya adalah, Ibu As sebagai juara 1, Bapak Wasis sebagai juara 2, Ibu Diana sebagai juara 3, dan  Cak to sebagai juara 4. Kemudian untuk kategori Stan Terbaik dimenangkan oleh Kecamatan Jatiroto.

Dalam festival tersebut, Plt. Bupati juga meminta tolong kepada hadirin yang datang pada acara tersebut untuk bersama-sama memformulasikan apa yang menjadi makanan khas Lumajang yang tidak ada di daerah lain, hingga nanti bisa dipatenkan menjadi makanan khas Lumajang. 

Ketua Panitia, Ny. Tika Gawat Sudarmanto melaporkan, bahwa maksud dari penyelenggaraan Festival Sego Bantingan ini yaitu untuk mengangkat ekonomi kerakyatan dan memberikan wawasan tentang makanan sehat yang bergizi, berimbang dan beraneka ragam, sehingga nantinya sego bantingan ini akan menjadi andalan kuliner di Kabupaten Lumajang. 

Sedangkan tujuannya, adalah untuk memasyarakatkan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat untuk masyarakat di tanah air. Kedua, untuk meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP. PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan program dan kegiatan PKK untuk kesejahteraan keluarga.

Selain itu, kegiatan itu juga bertujuan untuk  memberi motivasi dan kesadaran anggota PKK dan Kader PKK serta masyarakat untuk lebih mengetahui, mau dan mampu melaksanakan program PKK serta terus mendukung kegiatan PKK. (MC Kab. Lumajang/Kus)