2017 DLH Kota Padang Hasilkan Retribusi Rp10 Miliar

:


Oleh MC Kota Padang, Sabtu, 3 Maret 2018 | 16:28 WIB - Redaktur: Tobari - 484


Padang, InfoPublik - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat pada tahun 2017 retribusi yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp10 miliar. Jumlah tersebut melebihi target yang dibebankan yakni Rp9,4 miliar.

“Realisasi retribusi mencapai 106,5% atau Rp10 miliar.  Meningkat jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 104% target,”ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin, Sabtu (3/3).

Ada empat item target retribusi yang dibebankan kepada dinas tersebut. Keempat item itu, retribusi jasa kebersihan realisasinya Rp8,4 miliar, tempat pemakaman umum Rp1,1 miliar, pelayanan sedot kakus (WC) Rp 92 juta dan retribusi jasa labor Rp160 juta. Serta tunggakan yang dibayarkan mencapai Rp79 juta.

Menurut Al Amin, melebihinya realisasi dari target tersebut, karena tidak lepas dari kesadaran warga membayar kewajiban dan  juga kegigihan “jemput bola” yang dilakukan petugas ke lapangan.

 "Sudah dua tahun retribusi yang dibebankan ke DLH, alhamdulillah melebihi target. Hal itu tidak lepas dari kesadaran masyarakat membayar kewajiban dan kegigihan petugas turun ke lapangan," ucap Al Amin di Kantor DLH di Balai Baru.

 Al Amin menyebutkan dari ke empat jenis retribusi tersebut yang paling banyak menyumbangkan PAD retribusi jasa kebersihan. Pada 2017 target retribusi Rp9,94 miliar, sedangkan 2016 hanya Rp8 miliar lebih.

 Disebutkannya, pada 2018 DLH bakal dibebankan target retribusi untuk PAD Rp12 miliar. Ia optimistis target tersebut akan tercapai, karena masih banyak potensi retribusi yang bisa digarap. "Insya Allah pada 2018 target yang dibebankan bisa tercapai, dengan memperkuat kolektor dan selalu gigih turun ke lapangan," ucapnya. (mc padang/Wina/toeb)