Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Jayapura

:


Oleh Wawan Budiyanto, Kamis, 1 Maret 2018 | 22:41 WIB - Redaktur: Juli - 329


Jakarta, InfoPublik - Wilayah Kabupaten Jayapura, Papua diguncang gempa tektonik, Kamis (1/3). Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 18.12.51 WIT dengan Magnitudo M4,9.

Episenter terletak pada koordinat 2,67 LS - 140,37 BT tepatnya di darat pada jarak 19 Km arah Barat Daya Kabupaten Jayapura dengan kedalaman 13 Km. "Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di Kabupaten Jayapura dalam skala intensitas III-IV MMI (II SIG-BMKG), di Kota Jayapura intensitas III MMI (II SIG-BMKG), dan Genyem intensitas II MMI (I SIG-BMKG)," kata Plt. Kepala Balai Besar Wilayah V Jayapura Tato Agustinus dalam keterangannya.

Dijelaskannya, ditinjau dari episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar pada lajur Anjak Memberamo. Hasil monitoring BMKG hingga pukul 18.57 WIT, belum terjadi aktivitas gempa susulan.

Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai diminta agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.