Pemkab Lumajang Responsif Tangani Korban Bencana

:


Oleh MC Kab. Lumajang, Jumat, 23 Februari 2018 | 14:14 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 491


Lumajang, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada korban luapan air sungai Bondoyudo di Dusun Pelas RT023/RW009 Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang.

Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang, Adiarto Hendro mengatakan, selain itu pihaknya langsung melakukan assesment, dan hasilnya sementara tercatat beberapa data korban terdampak bencana sebanyak 11 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan dari Pemerintah Daerah.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, sebelumnya Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD juga selalu melakukan koordinasi dengan seluruh pemerintah kecamatan/desa setempat dengan memberikan informasi layanan call center penanggulangan bencana, guna memudahkan masyarakat berkomunikasi dengan pihak BPBD dalam membantu warga yang terkena bencana,” ujarnya, Kamis (22/2) di Lumajang.

Pemukiman masyarakat di wilayah Dusun Pelas RT 023 RW 009 Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang tergenangi oleh luapan air Sungai Bondoyudo yang disebabkan oleh saluran pembuangan air terlalu kecil. Bencana banjir genangan ini terjadi pada Kamis dini hari (22/2).

Pada kesempatan tersbut, Adiarto Hendro meminta agar masyarakat meningkatkan kepedulian kepada lingkungan sehingga kejadian serupa tidak terulang.

“Supaya kita sadar bahwa kita harus menjaga lingkungan dan alam. Sebab, saat ini bencana terjadi karena ulah tangan manusia. Dengan bencana yang terjadi saat ini, kita harus tabah dan bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita. Terlebih bantuan yang diberikan besar kecilnya kita wajib menysukuri,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Lumajang memang berusaha responsif dalam menindaklanjuti berbagai kejadian kebencanaan. Ini tak lain untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya jika terjadi bencana alam.

“Sebagai lini terdepan dalam proses penangulangan bencana, kami akan tetap sigap, tangkas, trampil, profesional dan cekatan,” katanya.

Adapun beberapa bantuan dasar yang diberikan di Dusun Pelas antara lain bantuan lauk pauk, makanan siap saji dan tambahan gizi. Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh Camat setempat, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kedungjajang dan Pemerintah Desa setempat. (MC Kab. Lumajang/TR)