PMI dan BPBD Jateng Bantu Masyarakat Terdampak Banjir

:


Oleh Juli, Jumat, 16 Februari 2018 | 19:30 WIB - Redaktur: Juli - 796


Demak, InfoPublik - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama BPBD Jawa Tengah membantu masyarakat yang terdampak banjir sejak Kamis (15/2) lalu, di Kecamatan Sayung mencakup 3 (tiga) desa yaitu Desa Sayung, Desa Kalisari dan Desa Prampelan.

Kepala Markas PMI Demak Ade Hariyanto mengungkapkan banjir yang terjadi di Kecamatan Sayung disebabkan oleh kiriman air dari sungai Dombo Sayung dan air buangan dari PAM Kudu Semarang.

“Jalan desa sepanjang 5 km terendam air setinggi 30 cm hingga 100 cm," ungkapnya dalam siaran pers PMI yang diterima InfoPublik, Jumat (16/2).

Ade mengharapkan agar banjir segera surut dan warga yang terdampak bisa beraktivitas normal. “Pemerintah Kabupaten Demak bersama PMI dan lembaga lain, hingga hari ini masih memberikan pelayanan kepada warga berupa penyediaan makanan melalui layanan dapur umum,” jelasnya.

Dapur umum dikelola BPBD dan PMI bersama Sukarelawan, dan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT).

“Dapur Umum ini menyediakan kebutuhan makan dua kali sehari, PMI dan BPBD sampai sore ini telah mendistribusikan lebih dari 22.000 paket nasi bungkus di Desa Kalisari dan Desa Sayung,” ungkap Staf Bidang Penanggulangan Bencana PMI Demak Ahmad Habib.

Pelayanan dapur umum ini akan berlangsung hingga masa tanggap darurat selesai atau kondisi perkampungan warga sudah normal kembali.

Selain ratusan rumah yang terendam, banjir juga mengakibatkan lahan pertanian mengalami gagal panen. “Kurang lebih ada 150 hektare lahan padi yang gagal panen di Desa Kalisari, sehingga masyarakat sangat membutuhkan bantuan logistik” ungkap Habib.