Salah Satu Perusahaan BUMN Kirim Bantuan ke Kabupaten Asmat

:


Oleh Wawan Budiyanto, Selasa, 16 Januari 2018 | 20:08 WIB - Redaktur: Juli - 351


Jakarta, InfoPublik - General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII – Maluku Papua Tengku Fernanda menyerahkan bantuan kepada Tim Satgas Terpadu berupa makanan tambahan dan suplemen gizi untuk balita untuk korban Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

Menurutnya, hal tersebut merupakan respon dari pihaknya menyusul kejadian luar biasa di Distrik Agats Kabupaten Asmat yang menyebabkan meninggalnya 59 anak. Tercatat, KLB campak dan gizi buruk ini terjadi di kampung Nakai Distrik Pulau Tiga dan Kota Agats (Data Dinas Kesehatan Januari 2018).

Tim Satgas Terpadu KLB terdiri dari unsur Kepolisian, Kodam, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, termasuk partisipasi dari jajaran BUMN yang ada di wilayah Papua.

Ketua Tim Satgas Terpadu KLB Irjen Pol. Boy Rafli Amar mengapresiasi respons serta aksi cepat dari para pihak terkait dalam menanggulangi kejadian luar biasa tersebut dimana salah satu BUMN yang selalu hadir di garda terdepan untuk aksi sosial dan kemanusiaan khususnya di wilayah Papua.

Satgas ini nantinya akan bergabung dengan personel dari Timika dan Asmat untuk melayani masyarakat yang ada di lokasi kejadian. Paket bantuan kebutuhan pokok dalam pelayanan kesehatan yang diberikan di antaranya untuk balita berupa makanan tambahan dan susu. Bantuan tersebut dikirimkan hari ini Selasa (16/1) ke Timika menuju Pulau Tiga oleh Tim Satgas Terpadu yang dibentuk oleh Polda Papua.

“Berupa makanan dan susu untuk balita sesuai dengan kebutuhan mendesak saat ini. Nantinya, akan kembali mengirimkan bantuan tambahan untuk menanggulangi kejadian Luar Biasa Campak dan Gizi Buruk di Kabupaten Asmat,” kata Fernanda dalam keterangannya yang diterima Infopublik.

Pihaknya selalu menekankan pentingnya isu kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui program-program CSR.

Sebagai penanggulangan Kejadian Luar Biasa di Kabupaten Asmat, pihaknya akan terus memantau dan berpartisipasi aktif baik dalam pemberian bantuan maupun melaksanakan program penanggulangan lebih lanjut selama setahun ke depan. Pihaknya juga akan mendorong peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Asmat melalui bantuan sarana dan fasilitas kesehatan.