Malang, InfoPublik - Sebagai kota pendidikan, Pemerintah Kota Malang kembali mendapatkan hibah mobil perpustakaan keliling dari Badan Perpustakaan dan Arsip Nasional. Mobil perpustakaan keliling ini perkenalkan kepada aparatur sipil negara (ASN) saat apel pagi di Balai Kota Malang, Senin (8/1).

Mobil ini menyediakan berbagai jenis buku yang bisa dibaca, baik buku umum, Al-qur'an maupun berbagai macam buku bacaan lain tersedia. Koleksi buku yang dimiliki mobil keliling perpustakaan ini menjadi daya tersendiri bagi pembaca di Kota Malang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Drs. Wasto, SH., MH mengaku bangga Kota Malang sebagai kota pendidikan kembali mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Adanya mobil ini akan sangat membantu Pemerintah Kota Malang dalam upaya untuk mencerdaskan warga.

“Mobil ini akan berkeliling setiap hari ke berbagai tempat di Kota Malang. Di antaranya ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Malang,” ucap Wasto.

Bantuan ini bisa dimaksimalkan untuk masyarakat di lima kecamatan di Kota Malang, sehingga semakin banyak warga Kota Malang yang bisa merasakan manfaatnya.  Pasalnya dengan banyak membaca buku akan semakin banyak ilmu yang bisa diperoleh masyarakat.

“Buku adalah jendela ilmu, makin banyak membaca buku akan semakin banyak ilmu yang didapat. Kami berharap semakin banyaknya masyarakat Kota Malang yang membaca buku,” harap Wasto.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Drs. Abdul Malik, M.Pd mengaku sebelum mendapat hibah mobil keliling tahun ini, Perpustakaan Kota Malang sudah mendapat dua mobil keliling. Sebagaimana mobil baru ini, mobil perpustakaan keliling Kota Malang sudah beroperasi sebagaimana harapan masyarakat.

“Mobil keliling perpustakaan biasa keliling ke sekolah-sekolah di lima kecamatan Kota Malang. Ke pusat pusat keramaian yang didatangi warga seperti di taman-taman kota,” kata Abdul Malik.(MC.Kota Malang/Cahyo Nugroho/Ramli Prayoga/Eyv)