Pemilik Lahan Dukung Penuh Pembukaan Kawasan Tarok Padangpariaman

:


Oleh MC Kabupaten Padang Pariaman, Rabu, 3 Januari 2018 | 08:36 WIB - Redaktur: Tobari - 697


Padangpariaman, InfoPublik - Pemilik lahan dukung penuh pembukaan kawasan Tarok, Kenagarian Kepala Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayutanam, Padangpariaman. Pasalnya, pembukaan lahan ini bukan untuk keuntungan Bupati tapi untuk kepentingan daerah dan generasi muda bangsa ke depannya.

"Namun,  jalannya roda pembangunan ini tidak akan bisa terealisasi tanpa adanya dukungan penuh dari berbagai komponen masyarakat.  Karena itu kita sebagai tokoh masyarakat sangat menyadari hal tersebut," kata Edi, salah seorang pemuka masyarakat di Nagari Kapalo Hilalang kepada Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, akhir pekan lalu.

Wujud keseriusannya mendukung pengembangan Kawasan Terpadu Tarok (KPT) antara lain terlihat dari kesediannya menyerahkan puluhan hektare lahannya untuk keperluan pembangunan ruas jalan masuk menuju kawasan Terpadu Tarok, yaitu panjang 3,3 Km dan lebar 75 meter, melalui sistem ganti rugi yang telah disepakati sebelumnya. 

"Sebagai warga Kapalo Hilalang sekaligus sebagai pemilik lahan, saya tentunya jelas sangat senang dan bangga karena di kampung kami ini bisa akhirnya dibangun sejumlah kampus,” katanya.

Lagi pula bagaimana kita tidak mendukung, karena tujuan pembangunan inikan sudah jelas bukanlah untuk kepentingan  Bupati Ali Mukhni, tapi adalah untuk kepentingan anak cucu kita juga di masa mendatang.

Edi, yang saat itu didampingi  Alek, juga salah seorang pemuka masyarakat Kapalo Hilalang, juga mengaku optimis dengan terbukanya kawasan Tarok itu nantinya,  ke depannya akan berdampak semakin terbukanya berbagai peluang usaha baru bagi masyarakat di sini.

Belum lagi, nantinya bisa pula menampung tenaga kerja dalam jumlah cukup besar. "Jadi bagaimana kita tidak akan mendukung, kalau ada orang yang menawarkan kemajuan untuk daerah kita. Karena itulah tanpa pikir panjang, sebagai pemilik lahan saya pun langsung memutuskan setuju mendukung pembukaan jalan menuju kawasan Tarok ini," terangnya. 

Lebih jauh dikatakananya, di sela-sela kunjungan Bupati Ali Mukhni ke KPT, sebelum mendapatkan penjelasan detil tentang rencana pembangunan kawasan Tarok dimaksud, awalnya dirinya memang sempat menolak bahkan menentang rencana pembukaan kawasan Tarok dimaksud. 

Namun setelah adanya kesepakatan Ninik Mamak, sekaligus setelah bertemu langsung dengan Bupati Ali Mukhni, akhirnya dia pun menjadi luluh, karena dia menyadari begitu besarnya dampak dari pembukaan kawasan Terpadu Tarok tersebut untuk ke depannya.

Untuk itulah pihaknya tak urung mengajak seluruh komponen masyarakat Kapalo Hilalang untuk mendukung penuh program pengembangan kawasan Tarok tersebut.

Senada dengan itu diamini Alek, salah seorang pemuka masyarakat Tarok lainnya. Pihaknya, sebut Alek, juga akan terus meyakinkan masyarakat di sekitar kawasan itu, agar bersatu padu mendukung program pengembangan dan pembangunan kawasan Tarok tersebut.

Di pihak lain, komitmen dan keseriusan Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni untuk menuntaskan sejumlah program pembangunan yang sedang berjalan di Kabupaten Padangpariaman dewasa ini, agaknya memang tidak perlu diragukan lagi. 

Sebagai contoh kecil setidaknya terlihat dari komitmennya untuk menuntaskan pembukaan kawasan Tarok City, yang ke depannya diyakini bakal menjadi ikon pembangunan utama di Kabupaten Padangpariaman.

Betapa tidak, demi menyukseskan  program pembukaan kawasan Tarok City, tidak tanggung-tanggung, Bupati Ali Mukhni pun  memutuskan untuk membangun ruas jalan masuk dengan lebar mencapai 75 meter. 

"Jika saja pembangunan ruas jalan ini bisa dituntaskan nantinya, maka tidak tertutup kemungkinan ruas jalan ini nantinya bakal menjadi jalan terluas di Provinsi Sumatera Barat, atau bahkan di Sumatera atau mungkin juga di Indonesia barangkali," terang Ali Mukhni. 

Pembangunan ruas jalan sebesar itu sebutnya tentunya bukannya tanpa alasan yang jelas, karena semakin lebar jalan  masuk kendaraan menuju kawasan Terpadu Tarok, tentunya diharapkan akan semakin menambah daya tarik masyarakat untuk mendatangi atau meinjau kawasan itu.

"Karena seperti diketahui, pemandangan atau veiw pegunungan di sekitar  kawasan Tarok City ini sangat indah dan sulit dicari tandingannya, jadi nantinya masyarakat sudah bisa melihat sendiri, tentu mereka akan banyak yang memasuki kawasan ini. Mungkin banyak nantinya ada yang ingin selfi dan lain sebagainya," katanya. (*/MC Padangpariaman/toeb)