Temanggung, InfoPublik - Sebanyak 400 personil pengamanan disiapkan dalam Operasi Lilin menjelang  perayaan Natal dan tahun baru 2018. Para personil tersebut terdiri dari 242 anggota Polres Temanggung, 62 dari Kodim 0706 dan 96 personil lainnya berasal dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan juga Senkom.

Menurut Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo, saat ditemui usai apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 di halaman Gedung Pemuda, Rabu (21/12), pada Operasi Lilin tahun ini pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan dan pos pelayanan.

Pos pengamanan ditempatkan di setiap gereja besar yang ada di dalam kota Temanggung dan Parakan, sedangkan untuk pos pelayanan berada di Alun - alun Temanggung.

Wiyono mengatakan,  penempatan pos pelayanan di Alun - alun karena para personil tidak hanya difokuskan untuk mengamankan  perayaan Natal tetapi juga berlanjut pengamanan saat malam tahun baru.

Selanjutnya, ia juga menambahkan terkait dengan pengamanan di gereja-gereja kecil akan dilakukan oleh Polsek setempat yang akan di backup personil dari Polres.

Prediksi kerawanan yang terjadi, menurutnya, yakni peningkatan kepadatan arus lalu lintas yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 24, 25,  31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018, kondisi ini dapat meningkatkan terjadinya kriminalitas.

Selanjutnya Bupati Temanggung Bambang Sukarno menambahkan menjelang natal dan tahun baru situasi Kota Temanggung sangat kondusif. Ia juga berharap agar warga dapat menjaga keamanan dan keberagaman yang ada di Temanggung. (MC TMG / Ria / coeplist/Ekape/toeb)